Info

Makan Singkong Tingkatkan Peluang Lahirkan Anak Kembar, Benarkah?

Konsumsi singkong dan ubi jadi salah satu faktor untuk memperbesar peluang melahirkan anak kembar.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi hamil anak kembar. (unsplash)
Ilustrasi hamil anak kembar. (unsplash)

Himedik.com - Bagi beberapa pasangan, memiliki anak kembar menjadi sebuah impian besar. Namun, untuk mewujudkannya tak semudah yang diangankan. Selain karena faktor genetis, melahirkan anak kembar juga dapat dilakukan melalui rekayasa medis.

Terbaru, sebuah temuan mengungkap bahwa wanita yang rutin mengonsumsi singkong dan ubi bisa memperbesar peluang melahirkan anak kembar.

Seperti dirangkum dari Parentingnation, singkong dan ubi adalah makanan yang mengandung zat kimia yang menyebabkan hyperovulation, sehingga janin dalam rahim wanita dapat terduplikasi. 

Singkong. (unsplash)
Singkong. (unsplash)

Perlu diingat, melahirkan anak kembar juga dipengaruhi faktor genetis atau riwayat keluarga. Bahkan, riwayat ini bisa memegang peranan penting dalam konsepsi anak kembar. Jika ada anggota keluarga yang terlahir kembar, besar kemungkinan bisa melahirkan anak kembar juga. 

Sedikit informasi, kelahiran anak kembar ada dua macam yaitu fraternal dan identik. Fraternal adalah kembar yang berkembang dari dua telur terpisah dan masing-masing dibuahi sperma. Sedangkan identik adalah satu telur yang dibuahi satu sperma, kemudian telur ini membelah menjadi dua atau lebih.

Selain faktor yang telah disebutkan di atas, ada beberapa hal lain yang bisa berpengaruh untuk melahirkan anak kembar. Berikut ulasannya.

1. Sejarah keluarga istri

Ini tidak akan berpengaruh jika sejarah anak kembar dari keluarga suami, karena istri yang memproduksi sel telur. Jika Anda atau ibu Anda kembar, maka peluang untuk hamil kembar lebih besar. 

2. Gaya hidup

Wanita yang suka minum produk susu dan makan steak akan lebih berpeluang untuk memiliki anak kembar dibanding wanita yang melakukan diet rendah.

3. Konsumsi asam folat, magnesium, dan kalsium

Melahirkan anak kembar. (unsplash)
Melahirkan anak kembar. (unsplash)

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa wanita yang sedang melaksanakan program hamil dan mengonsumsi asam folat, magnesium, dan kalsium akan lebih besar berpeluang untuk hamil anak kembar.

Khusus untuk magnesium dan kalsium juga dapat meningkatkan kesempatan memiliki anak perempuan.

4. Metode medis

Mengonsumsi obat kesuburan seperti clomid (dengan pengawasan medis) serta implantasi telur melalui IVF atau bayi tabung, seringkali bisa meningkatkan peluang hamil anak bayi kembar.

Terlepas dari temuan tersebut, apakah singkon atau faktor lain bisa memperbesar peluang melahirkan anak kembar juga tergantung dari Tuhan. Yang terpenting jangan pernah lupa berdoa untuk mewujudkan mimpi mendapatkan anak kembar.

Berita Terkait

Berita Terkini