Info

Rambut Beruban Dapat Dicegah dengan Konsumsi 3 Makanan Super Ini

Batasi konsumsi makanan berpengawet agar rambut tidak beruban di usia dini.

Galih Priatmojo | Krishnayanti C

Ilustrasi rambut beruban (pixabay)
Ilustrasi rambut beruban (pixabay)

Himedik.com - Seiring bertambahnya usia, khususnya saat sudah tua rambut akan berubah menjadi keabuan dan kemudian memutih. Bahkan, terkadang di usia dewasa pun uban juga dapat muncul.

Rambut memiliki zat pewarna yang disebut melanin. Uban muncul akibat melanin pada rambut hilang atau rusak. Nah, kamu bisa konsumsi beberapa makanan ini untuk mengembalikan dan mencegah melanin yang hilang pada rambut.

1. Makanan kaya vitamin B12

Vitamin B12 berperan memproduksi sel darah merah dan menjaga kerja sistem saraf agar tetap normal. Makanan yang mengandung vitamin B12 juga berpotensi untuk menjaga kesehatan rambut sekaligus mencegah uban.

Kamu bisa memperoleh vitamin ini dari telur, kerang, hati sapi atau ayam.

2. Makanan tinggi vitamin B9

Vitamin ini bekerja untuk produksi metionin, yaitu asam lemak yang penting untuk menjaga warna rambut. Kekurangan vitamin B9 dapat menyebabkan munculnya uban di usia dini.

Konsumsi bayam, buncis, kacang-kacangan, asparagus, dan pasta untuk mendapatkan vitamin B9.

3. Makanan tinggi tembaga dan zat besi

Sebuah penelitian pada jurnal Biological Trace Element Research tahun 2012 menunjukkan bahwa orang yang mengalami uban di usia dini, memiliki jumlah zat besi dan tembaga yang rendah dalam tubuhnya.

Sebaiknya, kamu mengonsumsi tiram, kerang, kacang, hati ayam atau sapi untuk memenuhi tembaga dalam tubuh, serta daging sapi, lentil, dan bayam untuk memenuhi zat besi.

Batasi dalam mengonsumsi makanan berpengawet dan mengandung pemanis tambahan untuk mencegah munculnya uban pada rambut terutama di usia dini.

Berita Terkait

Berita Terkini