Info

Edible Flower, Tak Hanya Cantik Tapi Juga Berkhasiat

Edible flower merupakan istilah yang disematkan pada kelompok bunga-bungaan yang bisa dimakan.

Galih Priatmojo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi edible flower. (pixabay)
Ilustrasi edible flower. (pixabay)

Himedik.com - Edible flower merupakan istilah yang disematkan pada kelompok bunga-bungaan yang bisa dimakan. Tak hanya untuk konsumsi semata, edible flower juga kaya akan nutrisi.

Kamu yang suka bunga, wajib tahu nih apa saja bunga yang bisa dimakan dan manfaatnya bagi kesehatan.

1. Krisan
Krisan umumnya dijadikan minuman teh. Teh krisan mengandung betakaroten sehingga baik untuk kesehatan mata.

Tak hanya itu, teh krisan juga mengandung sejumlah vitamin B. Mulai dari kolin yang berperan dalam membantu metabolisme lemak, niacin yang diperlukan oleh saluran cerna dan sistem saraf, folacin untuk replikasi sel, serta riboflavin untuk mencegah pertumbuhan abnormal.

Sejumlah nutrisi lain yang juga terkandung dalam teh krisan di antaranya vitamin C dan berbagai mineral.

Ilustrasi teh krisan. (pixabay)
Ilustrasi teh krisan. (pixabay)

2. Bunga Sepatu
Sama halnya seperti krisan, bunga sepatu biasanya dijadikan sebagai teh. Bunga ini mengandung antioksidan serta anthocyanin yang berperan dalam mengontrol kadar kolersterol dan tekanan darah.

3. Coneflower

Echinacea/coneflower (pixabay)
Echinacea/coneflower (pixabay)


Menurut penelitian dari National Institutes of Health (NIH) menunjukkan data bahwa echinacea (coneflower) memiliki kandungan fitokimia yang bermanfaat dalam melawan sel tumor yang bisa berkembang menjadi sel kanker.

Selain itu, peneliti dari University of British Columbia juga mengatakan bahwa mengonsumsi bunga echinacea secara teratur bisa meringankan dan menyembuhkan beragam jenis peradangan, lho!

Meski bisa dikonsumsi, kamu perlu memerhatikan bagaimana seharusnya mengonsumsi edible flower di atas. Jika ragu, kamu bisa tanyakan pada dokter atau pakar di bidangnya mengenai cara konsumsinya.

Berita Terkait

Berita Terkini