Info

Tak Perlu Khawatir, Ini Sisi Positif Kerja Bareng Orang Narsis

Orang narsis tidak memiliki dorongan sindrom impostor.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi suasan kerja. (pixabay)
Ilustrasi suasan kerja. (pixabay)

Himedik.com - Orang narsis acap kali diidentikkan dengan hal yang buruk. Karena sifatnya yang selalu meninggikan dirinya sendiri sehingga membuat orang lain merasa jengah. 

Namun, di sisi lain mereka juga memiliki sifat positif. Lantaran orang narsis memiliki ciri sifat yang mudah dikenali, yaitu meninggikan diri sendiri. Begitu juga dalam dunia kerja, mereka bahkan cenderung menunjukkan pada atasan agar terlihat lebih baik dari yang lainnya.

Rupanya sifat ini datang karena orang narsis tidak memiliki dorongan sindrom impostor. Singkatnya, sindrom impostor adalah rasa tidak mampu, tidak pantas atau tidak berbakat yang sering dirasakan seseorang pada umumnya, sehingga seringkali menghalangi kesuksesan.

Nah, orang narsis yang tidak peka dengan sindrom impostor ini, mereka lebih percaya diri dan merasa ditakdirkan menjadi orang-orang yang hebat. ''Mereka yang tidak mengalami sindrom impostor cenderung menghalangi orang lain dalam mencapai kesuksesan,'' ungkap Dr. Karlyn Borysenko dari konsultan psikologi Zen Workplace.

Menurut hasil penelitian, orang narsis lebih sukses dalam dunia kerja karena mereka sangat percaya diri, sehingga tidak timbul keraguan atas dirinya sendiri. Mereka lebih sering mengambil peran sebagai pemimpin meskipun belum tentu efektif. Meski begitu, orang narsis yang jadi pemimpin jarang merasa depresi atau tertekan karena beban kerja.

Jika ingin sukses dalam berkarier, sebaiknya para pekerja mengambil sisi positif dari orang narsis. Bisa dengan cara yang sederhana, seperti tidak meragukan diri sendiri dan menumbuhkan tantangan pada dirimu sendiri.

''Berapa banyak kesempatan yang akan kamu kejar? Berapa besar kamu bisa meraih kesuksesan?'' ungkap Karlyn Borysenko.

Karlyn Borysenko juga menekankan jika pekerja yang ingin sukses cukup mengambil sisi positif orang narsis dan mengabaikan sisi negatifnya. Beberapa sifat negatif yang harus disaring adalah menjadi arogan dan sok tahu.

Menurutnya sifat seperti itu tidak menguntungkan jika diimplementasikan dalam dunia kerja.

Artikel terkait dimuat Dewiku.com dengan judul: Kerja Bareng Orang Narsis? Ini Sisi Positifnya

Berita Terkait

Berita Terkini