Info

Aroma Hujan Menenangkan, Ini Penjelasannya

Aroma petrichor adalah aroma khas ketika hujan turun.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Hujan. (pixabay)
Hujan. (pixabay)

Himedik.com - Beberapa orang mengatakan bahwa hujan dapat membangkitkan kenangan masa lalu. Baik itu kenangan menyenangkan atau malah menyedihkan. Sebagian lainnya mengatakan bahwa hujan dapat memberikan efek menenangkan bagi pikiran.

Tidak ada yang salah dengan hal tersebut, karena ada penjelasan ilmiah di baliknya.

Menurut para pakar kesehatan ketika hujan turun dan membasahi tanah akan menimbulkan aroma khas yang disebut petrichor. Nah, aroma itulah yang membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Begitu pula suara rintik hujan. Suara guyuran hujan telah terbukti dapat mengatasi stres serta membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Hal ini karena ritme hujan yang cenderung konstan akan menyamarkan suara lain dan menghasilkan sensasi suara yang menyerupai white noise. Efek suara tersebut dapat membuat pikiran menjadi tenang dan lebih fokus.

Akibatnya tubuh menjadi lebih rileks, santai, dan tidur menjadi lebih nyenyak.

Hujan. (pixabay)
Hujan. (pixabay)

 

Ini tentunya bisa jadi solusi mudah bagi para penderita insomnia. Bahkan para pakar kesehatan juga menyarankan untuk mendengarkan suara hujan ketika mengalami kesulitan tidur.

Sebagai saran, kamu bisa mengambil rekaman suara ketika hujan sedang turun. Cara lain kamu bisa mengunduh aplikasi yang di dalamnya menyediakan beragam rekaman suara menenangkan termasuk suara air hujan.

Dengan begitu pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks dan tidur pun menjadi lelap. Jika tidurmu berkualitas tentunya kesehatan juga menjadi lebih baik bukan?

Berita Terkait

Berita Terkini