Info

Cara Mudah Hilangkan Komedo di Wajah

Komedo hitam muncul karena terjadi penyumbatan pada sel sebum akibat debu dan kotoran

Angga Roni Priambodo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

ilustrasi wajah bebas komedo. (pixabay)
ilustrasi wajah bebas komedo. (pixabay)

Himedik.com - Selain jerawat, komedo juga sangat mengganggu penampilan wajah. Komedo sendiri terbagi menjadi komedo hitam dan komedo putih.

Komedo hitam muncul karena terjadi penyumbatan pada sel sebum akibat debu dan kotoran serta sel-sel kulit mati yang mengeras. Sehingga komedo ini tampak menonjol dan berwarna hitam.

Sedangkan komedo putih disebabkan oleh adanya keringat dan kotoran yang bercampur jadi satu, dan jika dibiarkan lama kelamaan akan menyebabkan jerawat.

Maka dari itu penting sekali untuk menjaga wajah tetap bersih. Ukuran pori-pori juga menjadi hal penting jika tak ingin komedo hadir. Nah, bagi kamu yang sudah mulai risih karena adanya komedo, berikut ada cara mudah hilangkan komedo di wajah.

1. Menggunakan bahan alami

Salah satu bahan alami yang bisa menghilangkan komedo adalah garam. Kandungan senyawa ion positif dan negatif pada garam akan membentuk senyawa netral yang terbukti mampu hilangkan komedo hitam.

Garam. (pixabay)
Garam. (pixabay)

Cara alami hilangkan komedo dengan garam ini cukup mudah. Kamu hanya perlu melarutkan 3 sendok makan garam dengan 1 liter air yang sudah dididihkan.

Selanjutnya, posisikan wajah di atas wadah larutan dan biarkan uap garam mengenai wajah. Lakukan berulang selama sekitar 5-10 menit.

2. Perawatan dokter

Jika kamu punya cukup uang untuk melakukan perawatan, maka kamu bisa pergi ke dokter untuk melakukan terapi laser. Tujuan dari terapi ini adalah membunuh bakteri atau mengurangi produksi minyak.

Tak hanya itu, kamu juga bisa minta resep obat pada dokter untuk menghilangkan komedo.

Selain keringat, kotoran, dan penumpukan sel kulit mati, komedo juga bisa disebabkan oleh adanya penumpukan bakteri Propionibacterium acnes di kulit wajah.

Konsumsi obat dan hormonal juga punya andil dalam masalah ini. Demikian ulasan mengenai cara mudah hilangkan komedo. Semoga membantu!

Berita Terkait

Berita Terkini