Info

4 Makanan dengan Kandungan Tinggi Kolagen

Kolagen erat kaitannya dengan nutrisi yang dapat membantu merawat kulit sehingga tampak awet muda.

Angga Roni Priambodo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi wajah awet muda. (pixabay)
Ilustrasi wajah awet muda. (pixabay)

Himedik.com - Kolagen merupakan protein penting yang terdapat dalam kulit, otot, tulang, dan pembuluh darah. Keberadaanya dalam kulit tentunya membuat kolagen menjadi faktor penting untuk menghasilkan kulit yang sehat.

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mendapatkan asupan kolagen supaya kulit tetap terlihat elastis, kencang, cerah, dan bebas kerutan sehingga tampak awet muda.

Nah, apa saja sih makanan tersebut?

1. Paprika

Paprika kaya akan vitamin C dan antioksidan. Nutrisi tersebut dapat membantu merangsang pembentukan kolagen. Nah, mulai sekarang coba konsumsi paprika merah dan hijau ya!

2. Protein tanpa lemak

Menurut Liby Mills seorang juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, penting untuk mengonsumi sejumlah protein tanpa lemak seperti dada ayam dan daging merah.

Aneka daging. (pixabay)
Daging merah. (pixabay)

Hal ini karena selama proses pencernaan, protein akan dipecah menjadi asam amino yang disusun kembali menjadi kolagen-kolagen.

3. Kacang polong

Tahukah kamu bahwa dalam secangkir kacang polong mengandung sebanyak 8 gr protein? Ini tentunya angka yang tidak sedikit. Jadi, jangan lewatkan kacang polong jika kamu ingin tampak awet muda.

4. Wortel

Wortel memiliki kandungan vitamin A. Tak hanya vitamin C, vitamin A juga dapat membantu merangsang pembentukan kolagen pada tubuh.

Jadi, kalau kurang suka wortel kamu bisa pilih makanan lain yang kaya akan kandungan vitamin A-nya.

Sekarang, wajah tampak lebih muda dari usia bukan hanya sekadar khayalan belaka. Kamu bisa dapatkan jika rajin olahraga dan konsumsi makanan tinggi kolagen seperti di atas.

Berita Terkait

Berita Terkini