Info

Badan Terasa Lemas? Mungkin Ini Penyebabnya

Badan lemas merupakan salah satu indikasi kamu terkena anemia.

Angga Roni Priambodo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi badan lemas. (pixabay)
Ilustrasi badan lemas. (pixabay)

Himedik.com - Tanpa alasan jelas banyak orang mengalami badan terasa lemas. Padahal kondisi fisik baik-baik saja dan perasaan juga sedang tidak dilanda kesedihan.

Jika hal itu sering kamu alami, mungkin salah satu penyebabnya adalah hal berikut ini.

1. Kelenjar Tiroid bermasalah

Kelenjar tiroid terletak di daerah leher dan menghasilkan hormon tiroid. Gangguan yang biasa terjadi pada kelenjar ini adalah hipertiroid dan hipotiroid.

Nah, ketika produksi hormon tiroid dalam tubuh kurang maka kondisi ini dikatakan sebagai hipotiroid yang bisa menyebabkan badan lemas, sering mengantuk, kulit kering, tidak tahan suhu dingin, hingga berat badan naik.

2. Anemia

Badan lemas sering dikaitkan dengan kondisi kurang darah atau anemia. Wajar saja karena penyakit ini merupakan kondisi di mana tubuh kekurangan zat besi sehingga menyebabkan produksi sel darah merah berkurang.

Padahal sel darah merah mengandung hemoglobin yang berperan dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh. Akibatnya tubuh tidak menerima cukup oksigen sehingga menyebabkan badan terasa lemas dan pusing.

Ilustrasi pusing. (pixabay)
Ilustrasi pusing. (pixabay)

3. Usus bermasalah

Konsumsi makanan olahan yang terlalu banyak dapat menyebabkan sel-sel usus menjadi lebih longgar. Hal ini mengakibatkan protein merembes ke aliran darah dan memicu peradangan.

Sehingga kepala akan terasa sakit, perut kembung, berat badan naik, dan badan terasa lemas.

Nah, jika kamu mengalami masalah di atas segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Pasalnya jika badan terasa lemas secara terus menerus bisa sangat mengganggu aktivitas.

Berita Terkait

Berita Terkini