Info

Hindari Olahraga Ketika dalam Kondisi Berikut

Olahraga yang dilakukan ketika tubuh kurang fit akan memperburuk stamina tubuh.

Angga Roni Priambodo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi olahraga. (pixabay)
Ilustrasi olahraga. (pixabay)

Himedik.com - Umumnya olahraga baik dilakukan untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Namun dalam keadaan tertentu, kamu malah tidak disarankan untuk berolahraga lho. Simak nih penjelasannya.

1. Asma

Salah satu penyebab asma adalah adanya infeksi pernapasan dan hal tersebut membuat penderita harus beristirahat terlebih dahulu selama beberapa hari.

Mulailah olahraga, ketika keadaan sudah membaik dan dokter telah mengijinkan. Jangan lupa, minta saran pada dokter olahraga apa yang cocok untuk penderita asma.

2. Kurang tidur dan kecapekan

Tubuh yang lelah entah karena kurang tidur atau stres sebaiknya tidak diajak dulu untuk berolahraga. Bukan menyegarkan, hal tersebut malah membuat tubuh semakin lelah.

Minum kopi sebelum tidur siang. (Comunicaffe International)
Ilustrasi kecapekan. (pixabay)

3. Hamil
Begitu pula ketika sedang hamil, kamu tidak boleh sembarangan melakukan olahraga. Mintalah saran dokter olahraga apa yang tepat dilakukan oleh ibu hamil.

Biasanya olahraga ringan seperti berjalan dan yoga akan disarankan untuk dilakukan oleh ibu hamil.

4. Flu
Pada kondisi normal, olahraga memang akan meningkatkan sistem imun tubuh. Tapi hal ini tidak berlaku jika sedang mengalami flu atau pilek.

Pasalnya olahraga akan membuat tubuh banyak kehilangan energi, sehingga rasa lelah yang timbul setelah berolahraga akan membuat tubuh semakin lemah. Akibatnya flu tak kunjung reda.

Intinya, ketika tubuh kamu memberikan sinyal lelah atau sedang tidak fit sebaiknya kegiatan berolahraga dihentikan terlebih dahulu. Jika perlu temui dokter supaya diberikan solusi terbaik.

Berita Terkait

Berita Terkini