Info

Lima Bahaya Akibat Sering Terpapar Sinar Matahari

Sebaiknya gunakan pakaian pelindung dan tabir surya saat akan terpapar sinar matahari.

Dany Garjito | Krishnayanti C

Ilustrasi (pixabay)
Ilustrasi (pixabay)

Himedik.com - Sinar matahari yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan, ternyata juga dapat memberikan dampak negatif loh bagi tubuh seseorang.

Terkena paparan sinar matahari yang berlebihan, apalagi jika tidak memakai tabir surya dan pakaian pelindung, akan menimbulkan beberapa efek berikut.

1. Penglihatan memburuk

Di usia yang semakin tua, setiap orang pasti akan mengalami gangguan penglihatan. Namun, sebuah penelitian menyatakan bahwa terkena sinar matahari terlalu lama dapat memperburuk kondisi penglihatan yang sudah terganggu, khususnya di usia 40 tahun keatas.

2. Kulit menua

Paparan sinau UV dapat mengakibatkan kulit menua lebih cepat, karena sinar matahari dapat menembus langsung ke lapisan tengah kulit (dermis), sehingga mempercepat proses penuaan seperti kerutan, flek, dan kerusakan kulit lainnya.

3. Kulit memerah

Ilustrasi kulit kemerahan (pixabay)
Ilustrasi kulit kemerahan (pixabay)

Terlalu lama menghabiskan waktu di bawah sinar matahari tanpa pakaian pelindung dan tabir surya dapat menimbulkan kemerahan pada kulit.

Seiring bertambahnya usia, sinar matahari akan menipiskan kulit yang berada di sekitar pembuluh darah, sehingga pembuluh darah akan melebar dan menimbulkan kulit cokelat kemerahan.

4. Timbul ruam parah

Bagi seseorang yang sudah memiliki alergi kulit, terkena paparan sinar matahari berlebihan akan menimbulkan ruam yang parah pada kulitnya.

5. Menurunkan sistem imun

Kulit yang terlalu sering terpapar sinar matahari akan memicu lepasnya bahan kimia aktif pada tubuh yang akan mengganggu kerja sistem imun tubuh. Akibatnya, kemampuan imun untuk melindungi tubuh dari infeksi akan melemah.

Berita Terkait

Berita Terkini