Info

Tiga Manfaat Tak Terduga Daun Singkong

Daun singkong tinggi serat dan protein tapi rendah kalori sehingga cocok untuk menu diet.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Daun singkong. (pixabay)
Daun singkong. (pixabay)

Himedik.com - Tanaman singkong kerap diambil umbi dan daunnya untuk diolah menjadi makanan. Umbinya biasanya diolah untuk dijadikan kolak atau hanya sekadar direbus. Sedangkan daunnya dijadikan olahan sayur.

Singkong juga merupakan tanaman yang mudah tumbuh. Tanpa harus beli, kamu bisa dengan mudah mengambilnya dari kebun sendiri atau minta pada tetangga.

Tapi jangan salah, meski murah dan mudah didapat, daun singkong memiliki segudang manfaat lho. Nih buktinya.

1. Sumber antioksidan

Siapa yang menyangka bahwa tumbuhan satu ini mengandung antioksidan yang mana berperan dalam menangkal radikal bebas? Ini tentunya bisa jadi solusi mudah dan murah bagi kamu yang ingin terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas seperti kanker.

Daun singkong. (pixabay)
Daun singkong. (pixabay)

2. Regenerasi sel

Daun singkong mengandung asam amino esensial yaitu jenis protein yang berperan dalam menjaga sel serta proses regenerasi sel tubuh. Sel-sel rusak akan diperbaiki dan ditumbuhkan kembali olehnya sehingga fungsi tubuh tetap berjalan normal.

3. Sumber makanan pengganti ketika diet

Tinggi serat dan rendah kalori, wanita mana yang tak suka? Selain itu, daun singkong juga kaya protein, sehingga cocok untuk dimasukkan dalam menu diet kamu.

Wah mantap juga nih khasiat daun singkong untuk tubuh. Terlebih kalau kantong lagi tipis, bisa nih sayurnya diganti pakai daun singkong, kantong aman, perut kenyang, kesehatan tetap terjaga.

Berita Terkait

Berita Terkini