Info

Hati-hati, Berikut Tiga Bahaya Tidur Terlalu Lama

Menurut hasil penelitian, tidur terlalu lama dapat meningkatkan risiko terkena jantung koroner.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi tidur. (pixabay)
Ilustrasi tidur. (pixabay)

Himedik.com - Hari libur memang waktu yang pas untuk tidur seharian. Bukan bermaksud untuk bermalas-malasan, tapi nampaknya tubuh memang butuh penghargaan atas usahanya selama berhari-hari kerja tanpa jeda tanpa tidur siang.

Masalahnya adalah tidur terlalu lama bisa menggangu kesehatan. Selain itu, tidur terlalu lama juga dikaitkan dengan depresi serta status ekonomi yang rendah.

Terlepas dari apapun itu, yang jelas kamu wajib waspada terhadap bahaya tidur terlalu lama yang telah dirangkum berikut ini.

1. Penyakit jantung

Sebuah penelitian yang melibatkan sebanyak sekitar 72 ribu perawat wanita menunjukkan hasil bahwa dari wanita yang tidur selama 9 hingga 11 jam di malam hari, 38 persen di antaranya menderita penyakit jantung koroner.

Padahal seperti telah diketahui bersama bahwa waktu normal tidur seseorang adalah 7 hingga 8 jam per hari.

Ilustrasi sakit jantung. (shutterstock)
Ilustrasi sakit jantung. (shutterstock)

2. Obesitas

Tidur membuat metabolisme tubuh melambat, sehingga bukan tidak mungkin bisa terkena obesitas. Hal ini diperkuat dengan adanya penelitian yang menunjukkan hasil bahwa orang yang tidur terlalu lama dapat meningkatkan risiko obesitas sebanyak 21 persen.

3. Pelupa

Sama bahayanya seperti kedua penyakit di atas, tidur lebih dari sembilan jam bisa membuat kinerja sel otak menjadi lambat, sehingga kemampuan dalam mengingat menjadi berkurang.

Meski tidur itu bisa membuat badan kembali bugar, tapi jangan sampai kebablasan karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Nah, kamu yang masih sering tidur terlalu lama ketika liburan, mulai sekarang hentikan ya!

Berita Terkait

Berita Terkini