Info

Tiga Racikan Cuka Apel Sebagai Obat Batuk

Cuka apel ampuh untuk menyembuhkan batuk.

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

Ilustrasi cuka apel (pixabay)
Ilustrasi cuka apel (pixabay)

Himedik.com - Saat sedang batuk, jangan terburu-buru minum obat untuk menyembuhkannya. Banyak bahan alami yang lebih baik dan sehat untuk meredakan batuk, salah satunya dengan cuka apel.

Ada beberapa racikan cuka apel untuk menyembuhkan batuk, di antaranya sebagai berikut.

1. Diminum langsung

Kandungan asam asetat pada cuka apel memiliki sifat antimikroba, yaitu dapat membunuh patogen yang menyebabkan infeksi bakteri atau virus penyebab batuk. Kamu bisa langsung meminumnya dengan mencampurkan 2 sdm cuka apel ke dalam segelas air.

2. Campur cuka apel dengan madu

Ilustrasi cuka apel (pixabay)
Ilustrasi cuka apel. (pixabay)

Jika tidak nyaman dengan aroma cuka apel, kamu bisa mengkombinasi dengan madu.

Menurut Penny C. Royal, seorang herbalis sekaligus penulis Herbally Yours, kombinasi kedua bahan alami ini memberikan perlindungan ganda terhadap sistem kekebalan tubuh untuk melawan batuk.

Masukkan 2 sdm cuka apel dan 1 sdm madu ke dalam segelas air, kemudian minum sebanyak 2 kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhan.

3. Campur cuka apel dengan air jahe

Jahe merupakan salah satu obat batuk yang manjur. Zat alami jahe dapat mengendurkan otot-otot halus di saluran pernapasan.

Dengan mencampurkan dua sdm cuka apel dan jahe ke dalam segelas air, akan membuat khasiat jadi lebih maksimal untuk menyembuhkan batuk.

Walau cuka apel ampuh untuk menyembuhkan batuk, sebaiknya tetap konsultasikan dengan dokter sebelum kamu meminumnya.

Berita Terkait

Berita Terkini