Info

Selain Kopi Instan, Ini Empat Makanan yang Bisa Terbakar

Banyak beredar kabar soal makanan yang bisa dibakar dan berbahaya, apa saja?

Rauhanda Riyantama

Minum kopi. (pexels)
Minum kopi. (pexels)

Himedik.com - Menyoal video viral yang memperlihatkan kopi instan merek Luwak White Koffie terbakar ketika ditaburkan di atas korek api gas, sempat menggegerkan netizen. Bagaimana tidak, ada yang menganggap bahwa kopi instan itu mengandung bubuk mesiu.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI akhirnya angkat bicara soal ini. BPOM menjelaskan bahwa kopi instan merek Luwak White Koffie terbakar dikarenakan produk tersebut berbentu serbuk, ringan dan berpartikel halus serta mengandung minyak dan memiliki kadar air yang rendah sehingga mudah terbakar dan menyala.

"Hal ini bukan berarti bahan pangan tersebut berbahaya atau tidak aman untuk dikonsumsi," tulis BPOM, dalam siaran persnya, seperti dilansri Suara.com.

Sebelumnya, sudah beredar banyak kabar serupa soal makanan yang bisa dibakar dan berbahaya. Namun semua itu sudah pernah dibantah oleh BPOM. Apa saja?

1. Kerupuk plastik

Selain kopi instan yang bisa terbakar, kabar serupa pernah muncul di pemberitaan pada 2016 silam. Saat itu, muncul isu kerupuk yang mudah terbakar disebut berbahaya dan dan mengandung plastik. Berita ini pun membuat masyarakat cemas.

Namun, BPOM memberikan penjelasan terkait isu tersebut. Melalui penjelasannya, BPOM menyatakan produk pangan yang mengandung lemak atau minyak dengan kadar air rendah terutama yang berbentuk tipis, berpori, seperti kerupuk, krekers, dan makanan ringan lainnya akan mudah terbakar jika disulut dengan api.

2. Gorengan plastik

Sebelumnya juga sempat beredar kabar mengenai gorengan mengandung plastik dengan eksperimen yang sama, yaitu dibakar. Namun ternyata hal tersebut juga tidak dibenarkan oleh BPOM.

BPOM menyebut satu-satunya cara untuk membuktikan adanya kandungan plastik adalah dengan mengujinya di laboratorium, bukan dibakar.

3. Bihun dan makanan ringan

Biskuit, keripik dan makanan ringan lainnya juga tergolong mudah terbakar. Hal ini dikarenakan makanan ringan banyak mengandung karbon dan hidrokarbon. Keduanya memiliki unsur lemak dan bersifat mudah terbakar

Sempat beredar bihun yang terbakar saat disulut dengan api. Hal ini juga tak lepas dari hoax. Bihun yang mudah terbakar ternyata disebabkan oleh kandungan pati yang tersusun dari zat karbon.

4. Kayu manis dan bawang putih

Siapa sangka, bahan makanan seperti kayu manis ternyata juga mudah terbakar. BPOM menyebut kayu manis bahkan bisa menyebabkan ledakan jika terlalu banyak terkena udara.

Selain itu, ada bawang putih yang mengandung banyak minyak. Bawang putih dapat terbakar dengan cepat saat terkena panas atau api.

Berita Terkait

Berita Terkini