Info

Tiga Tips Atasi Cemas Akan Hal yang Sama

Dalam dunia psikologis, rasa tak berdaya karena dihantui oleh pikiran negatif yang tidak jelas asal-usulnya disebut ruminasi.

Angga Roni Priambodo | Krishnayanti C

Ilustrasi cemas (pixabay)
Ilustrasi cemas (pixabay)

Himedik.com - Beberapa orang mungkin pernah memikirkan satu hal terus-menerus dan akhirnya membuat stres dan cemas. Misalnya, cemas akan skripsi yang tak kunjung selesai atau kepikiran proyek kantor akan berhasil atau tidak, dan lain sebagainya.

Dalam dunia psikologis, rasa tak enak hati dan rasa tak berdaya karena dihantui oleh pikiran negatif yang tidak jelas asal-usulnya, disebut ruminasi.

Susan Noeh Hoeksema, PhD., seorang profesor psikologi di Yale University, menyatakan bahwa orang-orang yang memiliki depresi, gangguan kecemasan, atau pemakai narkoba sering dihantui oleh pikiran-pikiran negatif yang tidak kunjung hilang.

Sulit pastinya keluar dalam situasi seperti itu. Tapi jangan khawatir, ada beberapa tips untuk menghilangkan pikiran negatif yang menghantui terus-menerus.

1. Alihkan perhatian

Jika kamu mulai melamun dan kepikiran akan hal-hal negatif yang mengganggumu, cobalah untuk melakukan suatu hal seperti ngobrol dengan teman, bermain game di handphone, membaca buku, jalan-jalan, atau menonton film.

2. Jadikan kesalahan sebagai pengalaman dan pelajaran

Tidak mudah melupakan suatu kesalahan yang pernah dilakukan di masa lalu. Namun, ingatlah setiap manusia pasti membuat kesalahan di dalam hidupnya. Jadikan hal itu sebagai pelajaran dan selalu lihat ke masa depan.

3. Selalu berpikir positif

Berpikiran positif dapat menjauhkan seseorang dari rasa cemas, khawatir, pesimis, dan pikiran-pikiran yang negatif. Jika masih mengganggu, mintalah orang-orang terdekat untuk mendukung dan memberi semangat.

Setiap manusia pasti melakukan kesalahan dalam hidupnya. Namun, jangan jadikan hal tersebut sebagai tekanan yang dapat mengganggu aktivitas dan masa depanmu.

Berita Terkait

Berita Terkini