Info

Kafein Bisa Ganggu Penyerapan Kalsium dalam Tubuh, Benarkah?

Menurut National Institute of Health, kafein dapat mengganggu penyerapan kalsium dalam tubuh.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Kopi dan makanan. (pixabay)
Kopi dan makanan. (pixabay)

Himedik.com - Kafein merupakan suatu zat yang terkandung pada daun, akar, dan buah dari tanaman teh, kopi, dan cokelat. Jadi, jika hingga saat ini masih ada yang beranggapan bahwa kafein hanya terdapat dalam kopi, maka sebaiknya segera diluruskan pemahaman ini ya.

Nah, yang perlu menjadi perhatian di sini adalah banyak dari masyarakat Indonesia yang setelah makan bukanlah air putih yang diminum, melainkan minum es atau shake yang terbuat dari teh, kopi, atau cokelat.

Padahal menurut National Institute of Health, kafein dapat mengganggu penyerapan kalsium dalam tubuh. Begitu pula menurut Office of Dietary Supplements yang mengatakan bahwa kadar kafein yang terdapat dalam satu cangkir kopi menyebabkan hilangnya kalsium sebanyak sekitar satu sendok makan susu.

Tidak hanya kalsium, dalam sebuah penelitian kolaboratif yang dilakukan di Universitas Miami, Florida dan Universitas Creighton, Nebraska, peneliti menemukan bahwa kafein dapat mengganggu penyerapan vitamin D.

Milkshake. (pixabay)
Milkshake. (pixabay)

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi kadar kafein, maka penyerapan vitamin D juga akan semakin terganggu.

Hal ini karena kafein yang masuk dalam tubuh akan mengurangi ekspresi reseptor vitamin D pada osteoblas, yaitu sel yang bertanggung jawab dalam produksi tulang.

Sejalan dengan itu, sebuah penelitian dalam skala kecil menemukan fakta bahwa kafein dapat mengurangi kepadatan tulang dan meningkatkan risiko patah tulang pada orang yang memiliki asupan kalsium rendah.

Bahkan seorangn pakar dalam bidang osteoporosis bernama dr. Robert Heaney, menyarankan supaya mengurangi asupan kafein baik dari minuman maupun makan secara perlahan.

Ia juga menambahkan untuk menggantikan kalsium yang hilang dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi kalsium seperti susu.

Seperti yang telah diketahui, kalsium dan vitamin D merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan dalam pertumbuhan dan menjaga kesehatan tulang. Maka dari itu, mulai dari sekarang perhatikan asupan kafein supaya kesehatan tulang tidak terganggu.

Berita Terkait

Berita Terkini