Info

Mengapa Lemak Menumpuk di Paha?

Salah satu tempat penumpukan utama lemak adalah di bagian paha.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi lemak menumpuk di paha. (pixabay)
Ilustrasi lemak menumpuk di paha. (pixabay)

Himedik.com - Pada dasarnya, lemak tidak hanya menumpuk di perut atau lengan. Namun paha juga bisa menjadi tempat penumpukan lemak.

Sebenarnya hal tersebut tidak sepenuhnya buruk. Pasalnya menurut penelitian, sistem imun tubuh diatur oleh lemak yang terdapat pada lengan, perut, bokong, dan juga paha.

Lalu mengapa banyak lemak menumpuk di bagian paha?

Perlu kamu tahu, salah satu tempat penumpukan utama lemak adalah di bagian paha. Hal ini karena adanya perlindungan lemak di bagian tersebut.

Selain itu, ada bagian yang rentan secara anatomi dan fisiologis untuk menyimpan lemak, contohnya adalah bokong. Ketika duduk, akan sangat tidak nyaman jika bokong hanya berisi tulang tanpa lemak.

Ilustrasi lemak menumpuk di paha. (pixabay)
Ilustrasi lemak menumpuk di paha. (pixabay)

Penyebab lain mengapa lemak menumpuk di paha adalah faktor keturunan dan bentuk tubuh. Sehingga penumpukan lemak di paha akan semakin besar terjadi jika kamu berkaitan dengan keduanya.

Nah, supaya paha tidak semakin membesar, sebaiknya jaga asupan makanan, karena ketika kita makan dan asupan lemak sudah mencapai batas kebutuhan harian, maka kelebihan lemak akan menumpuk salah satunya di bagian paha.

Kamu juga bisa melakukan olahraga bersepeda, berlari, atau olahraga yang banyak menguras kekuatan tubuh bagian bawah untuk membakar lemak yang menumpuk di paha.

Berita Terkini