Info

Tidak Perlu Stres Ketika Mencari Pekerjaan, Ini Solusinya

Lakukan hal-hal bermanfaat ketika menganggur.

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

Ilustrasi stres mencari kerja (pixabay)
Ilustrasi stres mencari kerja (pixabay)

Himedik.com - Bagi sebagian orang, mendapatkan pekerjaan terbaik bukanlah hal yang mudah. Di saat semakin banyak lulusan baru, semakin banyak pula saingan dalam mencari pekerjaan.

Nyatanya, masih banyak orang yang belum memiliki pekerjaan alias menganggur. Menurut catatan dari Kementerian Ketenagakerjaan tahun 2016, ada sekitar tujuh juta orang di Indonesia yang masih menganggur.

Kondisi seperti ini dapat mengganggu kesehatan mental seseorang seperti stres, depresi, bahkan bunuh diri. Namun, ada beberapa cara untuk mengatasi stres ketika mencari pekerjaan, yaitu sebagai berikut.

1. Jangan mengurung diri di rumah

Jangan sampai rasa minder dan stres ketika belum mendapat kerja membuat kamu malas-malasan di rumah dan enggan untuk eksplor ke luar. Sebaiknya, keluar rumah untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain agar mendapat banyak manfaat.

Atau juga bisa ambil kursus untuk menggali kemampuan yang kamu miliki dan ikut organisasi untuk menambah pengalaman.

2. Atur rencana keuangan

Siapapun pasti merasa stres ketika banyak pengeluaran namun tidak ada pemasukan. Dari pada terus memikirkannya, lebih baik catat biaya yang akan keluar mulai dari kebutuhan sehari-hari, makan, baju, dan transport.

Dengan begitu, kamu tidak akan kaget saat tabungan benar-benar habis.

3. Refleksi diri dan cari kegiatan

Refleksi diri atau bercermin pada diri sendiri bisa menjadi salah satu hal untuk mencegah stres ketika mencari kerja. Misalnya, perbaiki kesalahan dalam CV, perbaiki kalimat dan sikap saat wawancara kerja.

Di samping itu, kamu bisa melakukan hal berguna di rumah seperti memasak, membersihkan kamar, berkebun, dan lain-lain.

Berita Terkait

Berita Terkini