Info

Sering Mengecek Handphone Pasangan, Wajar Atau Tidak?

Trauma akan masa lalu adalah salah satu penyebab kebiasaan mengecek handphone pasangan secara diam-diam.

Angga Roni Priambodo | Krishnayanti C

Ilustrasi mengecek handphone pasangan (pixabay)
Ilustrasi mengecek handphone pasangan (pixabay)

Himedik.com - Mempertahankan hubungan salah satunya harus dilandasi rasa saling percaya. Jika rasa curiga dan khawatir selalu muncul, hubungan tidak akan berjalan dengan baik.

Namun, tetap saja, saat pasangan sudah berusaha untuk jujur, mungkin kamu masih meragukannya. Misalnya, kamu masih sering mengecek isi handphone pasanganmu untuk memastikan tidak ada yang disembunyikan.

Sebenarnya, kenapa seseorang sering melakukan hal ini pada pasangannya?

1. Trauma masa lalu

Seseorang pasti pernah gagal dalam menjalani hubungan di masa lalu karena diselingkuhi. Hal ini membuat seseorang trauma dan bersikeras menjaga hubungannya yang sekarang.

Salah satunya dengan selalu memantau isi handphone pasangan. Kondisi ini dilakukan karena seseorang takut kejadian buruk tersebut akan terulang lagi.

2. Kurang percaya

Kebiasaan mengecek handphone pasangan bisa berawal dari kurangnya rasa percaya pada pasangan. Semakin rasa curiga dan kurang percaya muncul, semakin besar rasa khawatir juga menyelimuti dirimu.

Biasanya hal ini justru menimbulkan masalah sepele yang sebenarnya bisa diselesaikan baik-baik.

3. Merasa ada yang ditutupi

Seorang psikolog sekaligus terapis seks, Shannonn Chavez, berpendapat bahwa seseorang yang tidak begitu terbuka dengan pasangannya bisa memicu timbulnya rasa curiga.

Pasangan yang tidak terbuka membuat kamu memilih untuk mencari tahu sendiri dengan mengecek handphonenya dari pada bertanya langsung. Karena hanya akan menimbulkan pertengkaran.

Rasa curiga dan ingin tahu dalam hubungan memang wajar. Namun, menurut Shannonn Chaves, kebiasaan mengecek handphone pasangan secara diam-diam sudah melebihi batas wajar dan melanggar batas privasinya. Sebaiknya, jika ingin mengetahui sesuatu, langsung saja tanyakan kepada pasangan.

Berita Terkait

Berita Terkini