Info

7 Buah Ampuh Bikin Gigi Lebih Bersih dan Putih

Mau lebih percaya diri, kan?

Angga Roni Priambodo | Yuliana Sere

Gigi bersih dan putih. (pixabay)
Gigi bersih dan putih. (pixabay)

Himedik.com - Gigi yang bersih dan berwarna putih pasti menjadi idaman semua orang. Hal ini pastinya menambah kepercayaan diri ketika kamu tersenyum maupun berbincang dengan orang lain.

Namun tanpa kamu sadari, minuman-minuman yang sering kamu konsumsi seperti teh, kopi bahkan minuman bersoda mampu membuat warna gigi berubah.

Saat ini sudah banyak alternatif untuk mengembalikan warna gigi sehingga gigi tampak lebih cerah, salah satunya adalah dengan menggunakan buah.

Ya, buah-buah tertentu bisa mengembalikan warna gigi sehingga tampak bersih dan putih. Asalkan, kamu harus telaten menggunakannya.

Langsung saja yuk, simak buah-buah apa saja yang bisa bikin gigi lebih bersih dan putih.

1. Stroberi

Stroberi mengandung enzim yang disebut asam malat. Enzim ini mampu membersihkan dan memutihkan gigi.

Stroberi/pexels
Stroberi/pexels

Caranya, haluskan buah stroberi dan gosok ke gigi. Biarkan selama lima menit lalu bilas dengan air dan sikat seperti biasa. Lakukan sehari 2 kali.

2. Apel dan wortel

Apel/unsplash
Apel. (unsplash)

Kedua buah ini mampu menghilangkan noda pada gigi dan meningkatkan produksi air liur. Ini berfungsi membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut. Konsumsi apel sesering mungkin dan wortel (lebih baik jika dimakan mentah).

3. Jeruk dan nanas

jeruk (PxHere)
jeruk (PxHere)

Konsumsi jeruk dan nanas mampu meningkatkan produksi air liur sehingga dapat membersihkan gigi secara alami. Kulit jeruk juga dapat dihaluskan lalu digosok pada gigi dan diamkan selama 3 sampai 4 menit.

4. Lemon

Lemon/Melissa's Produce
Lemon. (Melissa's Produce)

Lemon menjadi salah satu buah yang dikenal paling ampuh untuk membersihkan dan memutihkan gigi. Kamu disarankan untuk tidak menggunakan lemon langsung pada gigi karena sifatnya yang terlalu asam dapat merusak gigi.

Kamu dapat mencampurnya dengan garam atau baking soda. Oleskan campuran air lemon tersebut ke gigi dan diamkan selama dua menit lalu kumur. Gunakan dua kali sehari secara rutin.

5. Pisang

Pisang (pixabay)
Pisang (pixabay)

Pisang juga menjadi alternatif lain untuk memutihkan gigi. Caranya kulit pisang bagian dalam digosok ke gigi selama dua menit lalu kumur.

Beberapa buah di atas dapat kamu gunakan untuk membersihkan dan memutihkan gigi, asalkan gunakan secara telaten ya.

Berita Terkait

Berita Terkini