Info

Empat Manfaat Tak Terduga Dari Kacang Pecan

Saat ini kacang pecan populer di Amerika dan biasanya diolah menjadi isi pie atau isi kalkun panggang

Angga Roni Priambodo | Krishnayanti C

Kacang pecan (pixabay)
Kacang pecan (pixabay)

Himedik.com - Kacang-kacangan tinggi akan kandungan lemak sehat, vitamin, mineral, antioksidan, serat, dan protein nabati yang baik untuk kesehatan.

Salah satunya kacang pecan. Saat ini kacang pecan populer di Amerika dan biasanya diolah menjadi isi pie atau isi kalkun panggang. Selain menyehatkan, rasa dari kacang pecan sangat gurih dan kebanyakan orang menyukainya.

Kacang pecan juga menyimpan segudang manfaat. Penasaran? Yuk simak.

1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Kacang pecan kaya akan antioksidan polifenol flavonoid yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Menurut beberapa penelitian, tingginya kadar gamma-tokoferol pada makanan olahan kacang pecan dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol yang menjadi faktor risiko penyakit jantung.

2. Mencegah sembelit

Tingginya serat pada kacang pecan membantu membersihkan saluran cerna sehingga mencegah sembelit, serta menurunkan risiko wasir dan radang usus.

3. Menurunkan berat badan

Kacang pecan dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan kacang pecan mengandung vitamin B kompleks seperti riboflavin, niacin, thiamin, asam pantotenat, vitamin B6, dan folat yang membantu meningkatkan laju metabolisme tubuh.

4. Mencegah rambut rontok

Rambut rontok hingga risiko kebotakan dapat diatasi dengan kacang pecan. Kacang pecan mengandung asam amino L-arginin yang dapat mendorong pertumbuhan rambut yang sehat.

Asam amino tersebut juga mampu meningkatkan elastisitas pada dinding arteri sehingga membuat laju aliran darah ke akar rambut jadi lebih lancar.

Maka dari itu, pertumbuhan rambut jadi lebih maksimal dan membuat kulit kepala lebih sehat, karena pasokan darah segar yang banyak mengalir ke kulit kepala.

Berita Terkait

Berita Terkini