Info

Ngemil Tidak Melulu Buruk, Ini Buktinya

Salah satu manfaat ngemil adalah mencegah perut keroncongan.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi ngemil. (pixabay)
Ilustrasi ngemil. (pixabay)

Himedik.com - Selama ini ngemil dikaitkan dengan penyebab bertambahnya berat badan seseorang. Padahal jenis camilan yang dimakanlah yang menjadi penyebabnya.

Jika camilan berasal dari makanan kaya nutrisi seperti buah atau salad, maka jelas hal tersebut tidak membahayakan. Di sisi lain camilan memberikan manfaat tersendiri untuk kesehatan. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Mencegah perut keroncongan

Ada atau tidak adanya makanan yang masuk, semua organ pencernaan termasuk perut akan tetap bekerja seperti biasanya. Oleh karena itu jangan heran jika perut keroncongan walaupun tidak merasa lapar.

Pasalnya setiap empat hingga lima jam sekali perut membutuhkan asupan makanan. Jadi, kalau mau ngemil juga tidak masalah.

2. Tubuh memperoleh beragam nutrisi

Camilan sehat tentunya memiliki beragam nutrisi. Jelas ini merupakan suatu keuntungan karena setiap kali kamu ngemil, nutrisi yang masuk beragam karena camilannya juga beragam.

Salad. (pixabay)
Salad. (pixabay)

3. Menekan nafsu makan

Secara tidak langsung, ngemil dapat membantu kamu menghindari makan terlalu banyak. Hal ini karena camilan akan membuat perut terasa penuh sehingga nafsu makan bisa ditekan.

Satu hal yang perlu diperhatikan di sini, pastikan camilan yang kamu makan adalah camilan sehat. Kalau pun tergoda dengan camilan tinggi kalori atau lemak, sebaiknya batasi asupannya dan selalu imbangi dengan olahraga.

Dengan begitu camilan tidak akan bikin tubuhmu gendut serta kesehatan juga akan tetap terjaga.

Berita Terkait

Berita Terkini