Info

Tiga Informasi Tentang Diabetes Ini Tak Sepenuhnya Benar

''Diabetes terjadi karena terlalu banyak konsumsi makanan manis.'' Padahal kenyataannya tidak demikian.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Diabetes. (pixabay)
Diabetes. (pixabay)

Himedik.com - Diabetes tipe 2 merupakan jenis penyakit diabetes yang paling umum dijumpai. Banyaknya informasi yang beredar seputar diabetes tipe 2 membuat masyarakat sering salah paham, sehingga informasi yang seharusnya tidak benar menjadi dipercaya. Apa saja itu?

1. Konsumsi terlalu banyak makanan manis bisa sebabkan diabetes

Pada dasarnya terlalu banyak konsumsi makanan manis menyebabkan naiknya berat badan. Hal inilah yang menjadi pemicu utama seseorang mengidap diabetes tipe 2.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa naiknya berat badan tak hanya disebabkan oleh makanan manis, tapi juga makanan tinggi lemak dan kalori. Jadi jangan salahkan gula, karena diabetes tak hanya disebabkan oleh gula semata.

2. Penderita diabetes tidak boleh konsumsi makanan manis

Siapa bilang? Buah rasanya juga manis tapi boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes kok. Selama kamu tahu takaran gula yang diperbolehkan, menyantap makanan manis baik buah ataupun olahan manis lainnya sah-sah saja dilakukan oleh penderita diabetes.

Makanan manis. (pixabay)
Makanan manis. (pixabay)

Nah, supaya tidak kebablasan ada baiknya untuk tanya dokter mengenai saran konsumsi makanan manis.

3. Orang bertubuh gemuk akan terserang diabetes tipe 2

Meski orang dengan badan gemuk cenderung lebih berisiko terkena diabetes tipe 2, namun hal ini tidak bisa menjadi patokan. Pasalnya ada banyak orang yang berat badannya normal tapi menderita diabetes. Sebaliknya ada juga orang dengan tubuh gemuk tapi tidak menderita diabetes tipe 2.

Menderita sebuah penyakit seharusnya tidak menjadi penghalang untuk tetap makan enak. Meski demikian kamu juga tidak boleh sembarangan, karena beberapa penyakit juga memiliki pantangan. Misalnya seperti diabetes tipe 2 yang sangat rentan dengan makanan manis.

Berita Terkait

Berita Terkini