Info

Studi: Wanita Lebih Peka daripada Pria, Ini Alasannya

Wanita mempunyai derajat empati lebih tinggi daripada pria.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi pasangan kekasih. (unsplash)
Ilustrasi pasangan kekasih. (unsplash)

Himedik.com - Anak muda yang sedang kasmaran pasti tak asing dengan kalimat 'pria kurang peka atau kurang sensitif dibandingkan wanita'. Ya, ungkapan itu memang benar adanya.

Terbaru, ilmuwan berhasil mengungkap fakta dari sisi ilmiah bahwa wanita mempunyai derajat empati lebih tinggi daripada pria. Temuan tersebut berhasil diungkap oleh tim dari Amen Clinics di California, Amerika Serikat.

Para peneliti mengamati sebanyak 46 ribu pemindai otak yang dilakukan dengan teknologi Single-Photon Emission Computed Tomography (SPECT) yang menemukan bahwa otak wanita tampak lebih aktif daripada pria.

Teknologi SPECT sendiri merupakan alat yang dirancang khusus untuk melacak aliran darah melalui otak. Penilitian otak tersebut dilakukan dalam dua kondisi, yaitu saat otak melakukan suatu pekerjaan dan saat otak dalam keadaan istirahat.

Seperti yang dikutip dari Science Alert, pemimpin penelitian Daniel Amen mengungkapkan bahwa ini adalah studi yang sangat penting untuk membantu memahami perbedaan otak berdasarkan gender.

"Perbedaan kuantitatif yang kami identifikasi antara pria dan wanita penting untuk memahami risiko berbasis gender tentang gangguan otak seperti penyakit Alzheimer,'' ungkap Daniel.

Otak wanita memiliki aliran darah lebih banyak daripada pria sehingga otak wanita dinilai lebih aktif dan membuat wanita lebih empati dan intuitif serta memiliki risiko kecemasan.

Terlihat pada bagian korteks prefrontal, yaitu pada area yang membantu mengendalikan implus dan mempertahankan fokus, yaitu bagian otak yang menangani suasana hati dan kecemasan.

Namun, hal itu bukan berarti wanita lebih pintar daripada pria. Penelitian ini awalnya dimaksudkan untuk membantu memahami mengapa risiko penyakit otak seperti Alzheimer dan Parkinson berbeda antara pria dan wanita.

Artikel terkait dimuat Hitekno.com dengan judul: Sah, Penelitian Ini Buktikan Cowok Lebih Nggak Peka

Berita Terkait

Berita Terkini