Info

Bukan Gula, Ini Lima Kandungan Soda yang Bisa Ganggu Kesehatan

Aspartame merupakan pemanis buatan bebas kalori yang terkandung dalam soda, tetapi bisa ganggu kesehatan.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi minuman bersoda. (pixabay)
Ilustrasi minuman bersoda. (pixabay)

Himedik.com - Minuman bersoda mengandung banyak gula yang tentunya tidak baik untuk kesehatan. Tapi seiring berjalannya waktu, kini terdapat minuman bersoda dengan pemanis buatan berupa suclarose, aspartame, maupun pemanis lain yang bebas kalori.

Biasanya minuman ini dikonsumsi oleh mereka yang sedang melakukan diet soda. Tapi apakah itu baik untuk kesehatan? Berikut lima kandungan soda selain gula yang bisa ganggu kesehatan.

1. Aspartame

Kandungan aspartame pada soda nyatanya malah meningkatkan rasa lapar. Jadi meskipun bebas kalori tetap saja lapar yang dirasa akan membuat kamu makan lebih banyak.

2. Perasa buatan

Perasa buatan yang dicampurkan dalam bahan pembuatan soda, seperti rasa lemon, stroberi, dan sebagainya terbukti turut berkontribusi dalam proses erosi enamel gigi. Sehingga gigi menjadi mudah berlubang dan berwarna kuning.

3. Pewarna

Pewarna karamel yang mengandung senyawa kimia 2-methylimidazole dan 4-methylimidazole, dapat memengaruhi hati, paru-paru, dan tiroid.

4. Kafein dan Phosphoric Acid

Para peneliti beranggapan bahwa kandungan kafein dan phosphoric acid dalam soda dapat menyebabkan osteoporosis. Hal ini diketahui dari hasil penelitian yang menemukan hasil bahwa wanita dengan konsumsi tiga soda dalam satu minggu memiliki tulang keropos pada bagian pinggang.

5. BPA

Bisphenol A atau BPA merupakan zat kimia yang kerap digunakan untuk pembuatan plastik dan resin jenis tertentu. Minuman berkarbonasi (bersoda) biasanya dikemas dalam botol kaca khusus, plastik, dan kaleng.

Inilah yang harus diwaspadai, pasalnya kebanyakan kaleng dilapisi dengan resin yang mengandung BPA.

Sekarang, coba pikirkan lagi kalau mau minum soda meskipun bebas kalori ya.

Berita Terkait

Berita Terkini