Info

Sangat Mudah, Sembuhkan Rematik dengan Cara Ini

Alami rematik? Cara ini dapat bantu sembuhkan rematik.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Rematik. (unsplash)
Rematik. (unsplash)

Himedik.com - Rasa sakit pada bagian otot atau persendian sering disebut sebagai penyakit rematik. Penyakit ini hampir diderita oleh sebagian besar orang dewasa.

Keluhan yang sering terdengar adalah tentang bagaimana cara menyembuhkan penyakit ini. Untuk itu, HiMedik sudah merangkum beberapa cara menyembuhkan rematik, dilansir dari healthline.

1. Istirahat dan relaksasi

Istirahat yang cukup sangat penting bagi mereka yang mengidap rematik. Cobalah untuk tidur setidaknya delapan jam semalam. Jika tidak cukup tidur di malam hari, kamu dapat menggantinya di siang hari.

Meditasi, relaksasi otot dan pemijatan bisa kamu lakukan untuk membantu meringankan stres dan ketegangan.

2. Olahraga

Olahraga teratur adalah cara yang bagus untuk melawan kelelahan, menguatkan otot dan meningkatkan jangkauan gerak sendi. Aerobik, berjalan atau berenang bisa menjadi pilihanmu.

Jika perlu, kamu bisa bertanya pada dokter untuk rekomendasi latihan yang cocok untukmu.

3. Tai Chi

Tai chi adalah seni bela diri Tiongkok yang menggabungkan gerakan pelan dan lembut dengan nafas yang dalam. Ini melatih pikiran, tubuh dan jiwa. Pastikan kamu mendapat arahan langsung dari pelatih profesional.

4. Krim, gel dan lotion

Krim, gel dan lotion dapat digosok langsung pada kulit untuk meringankan nyeri sendi. Carilah produk yang mengandung capsaicin, salisilat, kamper, atau mentol untuk meredakan nyeri.

5. Suplemen minyak ikan

Beberapa penelitian menunjukkan suplemen minyak ikan dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kaku karena rematik.

Periksa ke dokter sebelum mengonsumsi minyak ikan karena dapat mengganggu obat-obatan tertentu. Efek samping dari minyak ikan adalah rasa mual, sendawa dan sedikit rasa amis.

6. Kompres panas dan dingin

Kompres es ke sendi yang meradang untuk membantu mengurangi pembengkakan. Rasa dingin juga membantu kulit mati rasa serta merilekskan otot kejang.

Jika kamu mengalami rematik, mandi air hangat atau air panas dapat membuat otot lebih rileks. Kamu juga dapat menggunakan handuk panas, bantal pemanas untuk mengendurkan otot yan tegang.

Berita Terkait

Berita Terkini