Info

Mengapa Ingatan Wanita Lebih Tajam Dibandingkan Pria?

Hal ini dipengaruhi oleh kadar hormon estrogen dan estradiol.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi ingatan wanita lebih tajam dibanding pria. (pixabay)
Ilustrasi ingatan wanita lebih tajam dibanding pria. (pixabay)

Himedik.com - Setiap orang tentu memiliki daya ingat yang berbeda-beda. Tapi berdasarkan jenis kelaminnya, wanita memiliki ingatan yang lebih tajam daripada pria. Mengapa demikian?

Berdasarkan sebuah penelitian neurologi yang dimuat dalam Journal of American Medical Association pada tahun 2015 mencatat bahwa otak wanita bekerja lebih efektif dalam mengingat peristiwa yang terjadi padanya sehari-hari.

Lebih lanjut penelitian tersebut menunjukkan bahwa seiring bertambahnya usia, dibandingkan wanita, daya ingat pria akan menurun jauh lebih cepat. Bahkan di usia 60 tahun, bagian otak pria yang bertugas dalam mengelola dan mengatur memori (hipokampus) akan mengalami penyusutan.

Padahal pada awalnya, baik wanita maupun pria memiliki ukuran hipokampus yang sama besar.

Lalu mengapa hal ini terjadi?

Penyebab utama ingatan wanita lebih tajam adalah faktor biologis. Tubuh wanita memiliki kandungan hormon estradiol dan estrogen yang jauh lebih banyak dibandingkan pria.

Ilustrasi ingatan wanita lebih tajam dibanding pria. (pixabay)
Ilustrasi ingatan wanita lebih tajam dibanding pria. (pixabay)

Estradiol berperan untuk menarik dan menanam kembali ingatan dari memori jangka panjang. Sedangkan, estrogen berperan dalam membantu melindungi saraf-saraf otak agar dapat membangun berbagai koneksi baru yang dibutuhkan ketika otak membentuk ingatan baru.

Meski demikian, seperti halnya pria, daya ingat wanita juga akan menurun seiring bertambahnya usia, terutama ketika memasuki masa menopause. Hal ini karena saat menopause kadar hormon estrogen wanita tak sebanyak seperti sebelumnya.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan mengapa pasanganmu selalu ingat dengan kesalahan-kesalahan yang pernah kamu lakukan di masa lampau? Yap, hal itu karena ingatan wanita tajam, jadi jangan main-main!

Berita Terkait

Berita Terkini