Info

Waspada! Meski Kecil, Tujuh Serangga Ini Membahayakan Manusia

Serangga ini bisa menyebabkan kematian jika menyerang manusia, apa saja?

Rauhanda Riyantama

Serangga. (pixabay)
Serangga. (pixabay)

Himedik.com - Manusia memang diciptakan Tuhan sebagai makhluk paling sempurna, dengan sejuta akal dan pikiran. Namun, bukan berarti manusia bisa terhindar dari mara bahaya, salah satunya dari hewan.

Jika hewan seperti singa, harimau, atau buaya dapat dilihat jelas oleh mata. Berbeda halnya dengan serangga seperti kutu, lalat, hingga lebah, karena harus memperhatikan lekat-lekat jika ingin melihatnya dengan jelas.

Bahkan, serangga itu bisa menyebabkan kematian jika menyerang manusia. Nah, hewan apa saja yang membahayakan manusia itu? Yuk, simak ulasan berikut ini.

1. Lalat bot

Lalat bot. (wikipedia)
Lalat bot. (wikipedia)

Tak cuma manusia, mamalia lain juga direpotkan dengan keberadaan makhluk kecil ini. Karena lalat ini ketika menyengat, hewan ini juga menyuntikkan larva ke dalam tubuh mangsanya. Jika tidak terdeteksi, larva akan tumbuh didalam tubuh mangsanya selama 60 hari dan memakan nutrisi yang ada dalam tubuh mangsanya.

2. Semut peluru

Bukan jenis semut yang mematikan, namun semut ini termasuk semut yang mempunyai gigitan yang paling mematikan. Gigitan semut ini setara dengan tembakan pistol kaliber 45 dan rasa sakitnya tidak hilang selama 24 jam. 

Indera pencium semut ini super sensitif, sehingga ketika ada hewan yang mencoba menggangu sarangnya, semut ini langsung akan menyerang dan menggigitnya. 

3. Triatoma

Triatoma. (nbcdfw.com)
Triatoma. (nbcdfw.com)

Hewan nocturnal ini biasa menghisap darah manusia ketika sedang tidur. Setelah menghisap darah, hewan ini akan langsung membuang kotoran.

Kotoran hewan ini mengandung bakteri T. Cruzi dan masuk lewat mata, kulit, mulut dan bekas luka. Setelah itu, parasit ini berkembang biak dan menyebar keseluruh tubuh. 

Bakteri ini bisa menyebabkan jantung yang tak beraturan dan kesulitan menelan akibat kerongkongan yang membengkak. Penyakit ini juga bisa menyebabkan kematian akibat kerusakan sistem saraf dan otot jantung.

4. Kutu paralisys

Gigitan dari kutu bisa menyebabkan kematian dalam satu hari bila tidak mendapat perawatan yang tepat. Kutu yang berasal dari Australia ini memiliki semacam racun yang bisa membuat korbannya sesak nafas bila digigitnya.

5. Kutu rambut

Bagi manusia, kutu ini bisa menyebarkan parasit. Karena hewan ini mampu menghisap darah sebanyak 15 kali dari berat tubuhnya. 

6. Lalat tse-tse

Lalat tse-tse. (Pinterest/Anthony Bannister)
Lalat tse-tse. (Pinterest/Anthony Bannister)

Lalat yang mempunyai habitat di wilayah Afrika Tengah. Gigitan lalat ini langsung menyerang saraf dan mengakibatkan rasa lemas dan mudah tertidur, sehingga penyakitnya sering disebut penyakit tidur.

7. Lebah raksasa Jepang

Lebah ini memiliki asap yang jika ditembakkan mampu membuat daging korbannya meleleh dan jika mengenai manusia bisa mengakibatkan gagal ginjal. Di negara asalnya, hewan ini bisa membunuh 30 - 40 orang per tahun akibat serangannya. 

Maka dari itu, kita tidak boleh memandang remeh sesuat dari ukurannya. Sebab tak mungkin, hewan yang tadinya kecil dan tak terlihat berbahaya bisa merugikan kita bahkan mengakibatkan kematian.

Berita Terkait

Berita Terkini