Info

Tanda Kamu Terlalu Banyak Makan Gula

Suka merasa sesuatu kurang manis?

Angga Roni Priambodo | Yuliana Sere

Gula. (pixabay)
Gula. (pixabay)

Himedik.com - Semua pasti setuju kalau gula itu enak. Gula dalam donat, susu atau camilan yang kamu makan tentu membuat rasa menjadi lebih nikmat. Namun, apa jadinya jika kandungan gula dalam tubuh sudah melampaui batas?

Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat menyarankan hanya 50 gram sehari gula yang harus dikonsumsi atau setara dengan empat sendok makan.

Gula punya peran penting dalam tubuh yaitu sebagai sumber energi. Konsumsi gula dalam jumlah berlebihan otomatis akan memengaruhi sistem kerja tubuh bahkan bisa menyebabkan penyakit seperti obesitas, diabetes, kanker pankreas dan sebagainya.

Kali ini HiMedik ingin mengulas tanda-tanda tubuh sudah mendapatkan terlalu banyak gula.

1. Kamu selalu menginginkan makanan yang manis

Menurut Brooke Alpert, M.S., R.D., penulis The Sugar Detox, gula bersifat adiktif. Semakin banyak gula yang kamu makan, semakin kamu menginginkannya.

2. Kamu merasa lesu sepanjang hari

Gula. (pixabay)
Gula. (pixabay)

Energi stabil ketika gula darah stabil. Konsumsi gula yang terlalu banyak membuat gula darah tidak stabil.

Makan banyak gula juga berarti kamu kemungkinan tidak mengonsumsi cukup protein dan serat yang sama-sama berguna membangun energi.

3. Jerawat

Rebecca Kazin, MD, dari Washington Institute of Dermatologic Laser Surgery dan Johns Departemen dermatologi Hopkins mengatakan beberapa orang sensitif mengalami lonjakan insulin akibat konsumsi banyak gula. Ini akan menyebabkan kulit berjerawat.

4. Lebih murung dari biasanya

Konsumsi banyak gula menyebabkan perubahan suasana hati. Ini membuat kamu menjadi cepat marah dan sensitif.

5. Berat badan bertambah

Kelebihan gula adalah kelebihan kalori. Ini juga memicu pelepasan insulin, hormon yang memainkan peran besar dalam kenaikan berat badan dan diabetes.

Ketika kamu makan banyak gula, tubuh diberi tahu untuk memproduksi lebih banyak insulin, yang dapat menyebabkan resistesi insulin jika berlebihan.

Resistensi insulin berarti tubuh kita tidak dapat merespon jumlah insulin yang normal dengan benar sehingga tidak bisa menggunakan gula dalam tubuh dengan cara yang benar.

Itu tadi beberapa tanda tubuh jika mengonsumsi banyak gula.

Berita Terkait

Berita Terkini