Info

Pasangan Selalu Merasa Benar? Ini Cara Menghadapinya

Punya pasangan yang selalu merasa benar memang menyebalkan dan terkadang bikin kesal.

Dinar Surya Oktarini | Krishnayanti C

Ilustrasi kesal pada pasangan yang selalu merasa benar (pixabay)
Ilustrasi kesal pada pasangan yang selalu merasa benar (pixabay)

Himedik.com - "Andai kamu ikuti perkataanku, ini semua tidak akan terjadi."

Pernahkah pasanganmu berkata seperti ini kepada dirimu? Punya pasangan yang selalu merasa benar memang menyebalkan dan terkadang bikin kesal.

Dalam situasi seperti ini, seakan-akan kamu disudutkan dan selalu berada di pihak yang salah. Satu-satunya cara yang paling mudah adalah mengalah. Namun, jika sudah berulang kali, mengalah saja tidak cukup.

Lalu, bagaimana? Berikut cara menghadapi pasangan yang selalu merasa benar.

1. Bersikap tenang

Jika pasangan sudah mulai mengeluarkan argumen yang menunjukkan bahwa dia paling benar, cobalah tetap bersikap tenang dan kendalikan emosi.

Berikan jeda 15 menit, satu jam atau bahkan seharian untuk saling menenangkan diri. Begitu sudah mulai tenang satu sama lain dan tidak ada rasa emosi lagi, ajak pasangan untuk berdiskusi baik-baik.

2. Komunikasikan dengan pasangan

Komunikasikan segala konflik rumah tangga dengan kepala dingin. Tidak perlu memaksa untuk mengakui kesalahannya.

Misalnya, keuangan menurun karena banyaknya kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Namun, pasangan justru menuduh bahwa uang tersebut kamu gunakan untuk hal yang tidak penting.

Tunggu! Jangan langsung emosi, jelaskan dan berikan bukti daftar belanjaan kepada pasangan agar dia tidak lagi menyudutkan kamu. Jika setiap masalah diselesaikan dengan cara seperti ini, maka akan menumbuhkan rasa saling pengertian satu sama lain.

3. Turunkan ego

Jika kamu dan pasangan sama-sama memiliki ego yang tinggi, akan memunculkan konflik dan memperpanjang masalah-masalah yang sudah terjadi.

Maka itu, turunkan ego masing-masing dan saling introspeksi diri sendiri.

4. Cari jalan keluar

Dalam mengatasi konflik yang ada, cobalah cari jalan keluar bersama. Buatlah keputusan yang menguntungkan dan melegakan kedua belah pihak.

Pada intinya, semua masalah dalam hubungan akan terselesaikan dengan baik jika diselesaikan dengan cara yang baik pula. Tidak ada emosi dan tidak ada ego dalam diri masing-masing.

Berita Terkait

Berita Terkini