Info

Manfaat Olahraga Panahan Seperti yang Dilakukan Jokowi

Manfaat olahraga panahan yang perlu kamu tahu.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Jokowi bersama Bulan dan Abdul Hamid. (Instagram/Jokowi)
Jokowi bersama Bulan dan Abdul Hamid. (Instagram/Jokowi)

Himedik.com - Opening ceremony Asian Para Games 2018 pada Sabtu (6/10/2108) dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Saat acara tersebut digelar, ada satu sosok yang mencuri perhatian.

Seorang gadis bernama Bulan Karunia Rudianti menjadi salah satu yang beruntung karena bisa meresmikan kegiatan tersebut bersama orang nomor satu di Indonesia.

Bulan bersama Bapak Presiden dan Abdul Hamid yang juga merupakan atlet panahan, bersiap memanah huruf DIS pada balok kata DISABILITY

Sebagai informasi, HiMedik telah mengumpulkan beberapa manfaat olahraga panahan yang telah dilansir dari situs Archery360.

1. Fokus

Pemanah belajar untuk menghilangkan semua gangguan dan fokus saat melepaskan tali busur. Berkonsentrasi selama latihan memanah dapat mebantumu fokus dengan lebih baik pada bidang kehidupan lain.

2. Kekuatan

Kamu butuh lebih banyak latihan fisik khusus untuk fokus pada otot selama jangka waktu tertentu. Perkuat lengan, tangan, dada dan bahu dengan melatih keseimbangan. Hati-hati, kamu bisa saja cedera saat latihan.

Jokowi bersama Bulan. (Instagram/Jokowi)
Jokowi bersama Bulan. (Instagram/Jokowi)

3. Koordinasi

Banyak hal yang terjadi dengan cepat saat melakukan tembakan. Tempatkan kakimu dan panah. Pegang haluan, tetapi jangan terlalu tegas. Dorong busur menjauh sambil menarik tali busur. Temukan titik tujuan. Lepaskan.

Semua langkah ini hanya butuh beberapa detik tetapi sangat memengaruhi bidikanmu. Praktik yang konsisten ini membangun memori serta otot.

4. Melatih otot tubuh

Selain melatih tubuh bagian atas dengan menarik busur, kamu juga bisa bergerak di antara target ketika menembakkan target panahan yang bisa membuat otot tubuh bagian bawah berfungsi.

5. Percaya diri

Panahan bukan sekadar menembak busur. Dengan panahan, kamu bisa bersaing dengan yang lain serta ini juga merupakan latihan membangun harga diri.

6. Relaksasi

Melepaskan panah, melihatnya terbang serta melihat saat terkena target dapat menghilangkan stres. Ya, panahan merupakan olahraga yang menyenangkan karena selain kamu belajar untuk fokus, ini juga bisa membangun kekuatan dan kepercayaan diri.

Bagaimana, tertarik dengan panahan?

Berita Terkait

Berita Terkini