Info

Biasakan Konsumsi Selai Kacang, Ini Alasannya

Segelas teh bersama sepotong roti dilapisi selai kacang, kenapa tidak?

Angga Roni Priambodo | Yuliana Sere

Roti yang dilapisi selai kacang. (pixabay)
Roti yang dilapisi selai kacang. (pixabay)

Himedik.com - Selai kacang sangat enak jika disantap bersama roti saat sarapan. Apalagi, ditambah segelas teh hangat. Sungguh hari yang indah!

Ya, selai kacang punya berbagai manfaat kesehatan jika kamu sering mengonsumsinya. Dilansir dari medicaldaily, satu porsi standar selai kacang atau sekitar dua sendok makan mengandung 191 kalori.

Selain itu, selai kacang juga mengandung 16 gram lemak, 7 gram protein, 7 gram karbohidrat, 5 gram natrium, 4 gram gula, dan 2 gram serat.

Menurut ahli diet terdaftar Bonnie Taub-Dix, kacang-kacangan dan selai kacang dapat membuat kamu kenyang lebih lama. Ini artinya kamu bisa berhenti ngemil yang berisiko menambah berat badan.

Selai kacang mengandung lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Walter Willett, seorang profesor di Harvard T.H. Chan School of Public Health menjelaskan jenis lemak ini akan mengurangi kolesterol darah dan risiko penyakit jantung.

The American Heart Association merekomendasikan agar mengurangi asupan lemak jenuh dan trans dan menggantinya dengan lemak tak jenuh. Selain kacang, sumber lemak tak jenuh meliputi alpukat, salmon, zaitun, walnut, ikan trout, dan masih banyak lagi.

Selai kacang. (CNN.com)
Selai kacang. (CNN.com)

Sementara itu, ahli diet juga menjelaskan dosis vitamin E, magnesium, potassium dan vitamin B6 yang harus dikonsumsi.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dua sendok makan mengandung hampir 200 kalori yang berarti porsi ini cocok dimakan bersama sandwich.

Yang harus kamu ingat, jika kamu sudah makan beberapa irisan wortel atau sesuatu yang serupa, kamu hanya perlu mengonsumsi beberapa sendok teh selai kacang.

Untuk jenis selai kacang, para ahli diet menyarankan agar memilih yang mengandung lebih sedikit gula dan hindari yang mengandung minyak sayur terhidrogenasi, yang merupakan lemak tidak sehat. Untuk itulah kamu harus membaca label nutrisi sebelum membelinya.

Linda V. Van Horn, ahli diet terdaftar dan profesor di Northwestern University mengatakan, ''Ingat saja untuk memeriksa label '0' untuk lemak trans dan '0' untuk gula.''

Dia menambahkan jangan khawatir dengan kacang tanah. Ini justru merupakan selai kacang alami.

Jadi, biasakan konsumsi selai kacang ya. Kamu bisa menyantapnya saat sarapan atau bersama keluarga di sore hari.

Berita Terkait

Berita Terkini