Info

Makan Keju, Yoghurt, dan Mentega Kecilkan Risiko DM Tipe 2

Studi ini berdasarkan penelitian sebelumnya dari Universitas McMaster di Ontario, Kanada.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Ilustrasi diabetes. (theconversation.com)
Ilustrasi diabetes. (theconversation.com)

Himedik.com - Jika kamu salah satu penggemar keju, yoghurt atau mentega maka kamu salah satu yang beruntung. Pasalnya ketiga makanan ini mampu kecilkan risiko diabetes melitus tipe 2.

Dilansir dari Dailymail, para ilmuwan menemukan mereka yang mengonsumsi susu kaya lemak seperti keju, krim atau yoghurt memiliki risiko didiagnosis penyakit DM lebih kecil dibandingkan mereka yang tidak.

Padahal dalam beberapa penelitian sebelumnya, produk susu dinilai mengandung kalori dan lemak jenuh yang tinggi.

Tetapi tim yang dipimpin oleh Universitas Cambridge di Inggris, mengatakan temuannya menunjukkan bahwa mengonsumsi susu justru membawa manfaat.

Saat ini, pedoman diet AS 2015-2020 merekomendasikan tidak lebih darti tiga porsi susu per hari dan menyarankan untuk memilih antara susu bebas lemak atau rendah lemak.

Hal ini didasarkan pada penelitian yang telah menunjukkan lemak jenuh yang ditemukan dalam produk berlemak tinggi meningkatkan kolesterol LDL, yang berkaitan dengan penyakit jantung.

Keju yang belum disterilisasi
Keju yang belum disterilisasi. (pixabay)

Namun, bukti sebelumnya menunjukkan ada sejumlah nutrisi seperti kalsium, kalium, magnesium, vitamin K1 dan K2, serta probiotik (dalam yoghurt) dapat berkontribusi pada diet sehat.

Untuk meneliti ini, tim melacak lebih dari 63.600 orang dewasa selama 20 tahun dari 16 studi yang berbeda. Biomarker lemak susu serta molekul dalam tubuh sebagai indikator bahwa susu dikonsums diuji dari setiap responden.

Ilustrasi greek yoghurt. (pixabay)
Ilustrasi greek yoghurt. (pixabay)

Peneliti menemukan peserta dengan konsentrasi biomarker lemak susu yang lebih tinggi memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

Mereka dengan konsentrasi tinggi biomarker lemak susu memiliki risiko 30 persen lebih rendah untuk mengidap diabetes tipe 2.

Studi ini dilakukan berdasarkan penelitian yang dipublikasikan bulan lalu dari Universitas McMaster di Ontario, Kanada, yang menemukan tiga porsi susu per hari dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Berita Terkait

Berita Terkini