Info

4 Makanan Sumber Probiotik yang Menyehatkan, Salah Satunya Tempe

Yoghurt selama ini dikenal sebagai sumber probiotik terbaik, padahal tempe juga lho.

Angga Roni Priambodo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Olahan tempe. (pixabay)
Olahan tempe. (pixabay)

Himedik.com - Probiotik itu apa sih? Sama tidak dengan prebiotik? Jangan salah lho, probiotik tidak sama dengan prebiotik.

Probiotik merupakan mikroorganisme hidup (bakteri baik) yang jika dikonsumsi dalam jumlah sesuai akan memberikan manfaat bagi tubuh. Sedangkan prebiotik merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh bakteri baik di dalam tubuh.

Berikut telah dirangkum apa saja makanan yang mengandung bakteri baik.

1.Produk olahan susu

Yoghurt, kefir, dan keju diolah dengan cara fermentasi. Meski demikian tidak semua jenis keju mengandung probiotik. Jadi, kalau kamu suka keju dan mau mendapatkan manfaat dari bakteri baiknya, pilihlah keju cottage, gouda, cheddar, dan mozarella.

Selain itu, keju juga mengandung protein, vitamin B12, kalsium, selenium, dan fosfor yang berperan dalam menjaga tubuh agar tetap sehat.

Beralih ke yoghurt yang merupakan salah satu sumber probiotik terbaik. Fermentasi susu ini mengandung bakteri asam laktat dan Bifidobacteria yang dapat membantu meningkatkan kesehatan. Sayangnya sama seperti keju, tidak semua jenis yoghurt mengandung probiotik.

Ilustrasi greek yoghurt. (pixabay)
Yoghurt. (pixabay)

Produk olahan susu yang lain adalah kefir. Konsumsi kefir dipercaya dapat membantu mengatasi masalah pencernaan dan meningkatkan kesehatan tulang.

2. Tempe

Tempe merupakan hasil fermentasi kedelai dan menghasilkan vitamin B12 yang mana ini tidak terkandung dalam kedelai. Makanan Indonesia satu ini sangat populer dan mendunia karena tinggi protein dan bisa menggantikan kedudukan daging (yang juga sumber protein) bagi para vegetarian.

3. Natto

Natto. (pixabay)
Natto. (pixabay)

Sama seperti tempe, Natto merupakan produk fermentasi kedelai yang mengandung bakteri Bacillus subtilis.

Makanan dari Jepang ini memiliki bau yang khas, rasa yang kuat, dan tekstur yang berlendir. Natto kaya akan protein dan vitamin K2 yang penting untuk kesehatan jantung dan tulang.

4. Kimchi

Kimchi. (pixabay)
Kimchi. (pixabay)

Kalau makanan satu ini berasal dari Korea. Berbahan dasar kubis dengan campuran bumbu bawang putih, jahe, garam, daun bawang, dan cabai merah, fermentasi kimchi menghasilkan rasa yang pedas.

Kandungannya beragam, mulai dari vitamin B2, vitamin K, dan zat besi. Sedangkan kandungan probiotiknya adalah Lactobacillus kimchii serta bakteri asam laktat lain yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan.

Nah, itulah 4 makanan sumber probiotik yang tentunya enak dan menyehatkan. Selamat mencoba!

Berita Terkait

Berita Terkini