Info

4 Langkah Mudah Atasi Stres dan Cemas

Salah satunya yaitu dengan cara mengunyah permen karet.

Angga Roni Priambodo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi stres. (pixabay)
Ilustrasi stres. (pixabay)

Himedik.com - Stres dan kecemasan merupakan hal umum yang bisa dialami oleh siapa saja. Tapi jika tak diatasi, hal tersebut bisa memicu pada kondisi kejiwaan yang lebih serius.

Nah, bagi kamu yang mudah stres dan sering merasa cemas, sebaiknya lakukan langkah berikut untuk meredakannya.

1. Olahraga

Tidak hanya mendapatkan tubuh yang sehat, tapi rutin berolahraga juga dapat membantu menurunkan tingkat stres dan rasa cemas. Hal ini karena olahraga akan menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh dan jika dilakukan dalam jangka panjang akan membantu melepaskan endorfin, yaitu hormon yang membantu meningkatkan suasana hati.

2. Kunyah permen karet

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengunyah permen karet memiliki tingkat stres yang lebih rendah. Besar kemungkinan, hal ini karena mengunyah permen karet dapat meningkatkan aliran darah ke otak.

Ilustrasi mengunyah permen karet. (pixabay)
Ilustrasi mengunyah permen karet. (pixabay)

3. Tulis apa yang membuatmu stres dan cemas

Ketika merasa stres dan cemas, cobalah untuk menuliskan apa saja yang membuatmu merasa demikian pada selembar kertas. Tulis juga hal-hal baik yang datang kepadamu yang patut kamu syukuri. Sehingga kamu bisa melihat hal-hal positif dalam hidupmu.

4. Habiskan waktu bersama keluarga dan teman

Dukungan sosial dari keluarga dan teman dapat membantumu melewati masa-masa sulit. Pelukan hangat, saling bercerita, bepergian, tertawa, dan menangis bersama akan membuatmu merasa dicintai dan memperbaiki suasana hati serta pikiran.

Hal ini sudah terbukti dalam sebuah penelitian yang menemukan fakta, khususnya pada wanita yang menghabiskan waktu bersama teman dan anak akan membantu melepaskkan oksitosin, yaitu hormon cinta yang membangun kepercayaan, ketenangan, dan stabilitas psikologi.

Penelitian lain menyatakan bahwa pria dan wanita yang tidak memiliki banyak teman, lebih mungkin mengalami depresi dan kecemasan.

Sekarang tidak perlu stres atau cemas lagi, gunakan keempat langkah atasi stres di atas untuk menanganinya.

Berita Terkait

Berita Terkini