Info

Ancam Karier, Empat Musisi Ini Pernah Bermasalah dengan Kesehatan

Salah satunya adalah Beethoven, yang memiliki masalah dengan pendengarannya.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ayumi Hamasaki. (OneHallyu)
Ayumi Hamasaki. (OneHallyu)

Himedik.com - Bagi para musisi, baik penyanyi maupun komposer lagu, suara dan pendengaran merupakan dua hal penting yang harus selalu diperhatikan kondisinya. Tapi, siapa sangka deretan musisi terkenal ini justru pernah memiliki masalah dengan keduanya dan sempat mengancam karier bermusiknya.

1. Ayumi Hamasaki

Penyanyi cantik asal Jepang ini telah kehilangan fungsi pendengaran telinga kiri sejak tahun 2008. Sayangnya pelantun lagu Words ini juga harus rela menerima kenyataan melemahnya kemampuan telinga kanan.

Hilangnya kemampuan telinga kanan tersebut sudah dirasakan Ayumi sejak awal tahun 2017. Ia merasa mual dan vertigo berkepanjangan yang lantas membuatnya melakukan tes pendengaran dan hasilnya kemampuan telinganya melemah.

Sulit dibayangkan bagaimana cara penyanyi Asal Jepang ini mengatasi masalahnya. Tapi yang jelas Ayumi tetap berkarya. Terlihat di akun Instagram, ia mengunggah cover album terbarunya bertajuk ''Trouble''.

Ayumi Hamasaki. (aramajapan)
Ayumi Hamasaki. (aramajapan)

2. Adele

Pada 2011, Adele pernah menjalani operasi pita suara yang membuat vokalnya lemah. Hal itu lantas membuatnya vakum sementara dan kembali pada tahun 2014. Sayangnya di tahun 2017, pita suara pelantun lagu Hello ini kembali bermasalah dan harus menjalani dioperasi.

Meski demikian, hingga detik ini Adele masih terus menjalani karier bermusiknya.

3. Ludwig van Beethoven

Siapa yang tidak kenal Beethoven? Tak disangka musisi yang sangat melegenda ini ternyata memiliki masalah pendengaran.

Pada usia 20 tahunan, Beethoven mulai mengalami gangguan pendengaran. Kondisi tersebut membuatnya sangat frustrasi hingga berniat bunuh diri.

Beethoven kehilangan pendengarannya pada usia 40 tahunan. Hal itu lantas membuatnya menarik diri dari masyarakat dan sejak saat itu ia hanya menciptakan karya untuk dirinya sendiri.

Tapi yang mengejutkan adalah dalam masa-masa gelapnya itu, Beethoven justru menghasilkan ciptaan yang sungguh luar biasa bahkan dianggap merupakan hasil karya terbesarnya.

4. Aimer

Aimer. (YouTube)
Aimer. (YouTube)

Meski sekarang kondisinya sudah baik-baik saja dan kariernya semakin melejit, tapi saat berusia 15 tahun pelantun lagu Kataomoi ini pernah kehilangan suaranya karena sebuah kecelakaan lho.

Padahal sejak kecil, Aimer sudah menyukai musik. Ia belajar banyak alat musik, mulai dari piano dan gitar. Tak hanya itu, gadis cantik ini juga mencoba menulis lagu berbahasa Inggris.

Meski suaranya sempat hilang, hal itu tidak menyurutkan semangatnya untuk tetap bermain musik. Hingga akhirnya, beberapa tahun setelah insiden tersebut, suaranya kembali.

Itulah deretan musisi yang bermasalah dengan kesehatan. Meski diterpa berbagai masalah, mereka tetap fokus dengan apa yang ingin dicapai. Salut!

Berita Terkait

Berita Terkini