Info

Ibu Tolak Kemoterapi Agar Bayi Selamat, Kate Winslet Turun Tangan

Kate Winslet melakukan penggalangan dana bersama rekannya Leonardo Di Caprio untuk membantu Gemma Nuttall, seorang ibu penderita kanker.

Agung Pratnyawan | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Gemma dan putrinya. (thesun)
Gemma dan putrinya. (thesun)

Himedik.com - Malang menimpa seorang ibu dari Rossendale, Lancashire, Inggris bernama Gemma Nuttall (29). Lima tahun ia berjuang melawan kanker ovarium dan harus berakhir kalah pada Minggu (14/10/2018).

Kisahnya sungguh mengharukan. Demi selamatkan bayi yang sedang dikandungnya, Gemma menolak kemoterapi.

Kate Winslet yang merupakan seorang artis papan atas turut membantu mengumpulkan dana untuk pengobatan imunoterapi ibu satu anak ini. Awalnya pengobatan itu berhasil, tapi takdir berkata lain.

Kanker kembali dan membuat Gemma harus meninggalkan putrinya, Penelope yang sekarang berusia empat tahun.

Winslet mengatakan itu sangat menyedihkan. Ia bisa merasakan hal itu karena ibunya sendiri juga pernah menjalani pengobatan kanker.

''Aku kehilangan ibuku sendiri pada bulan Mei tahun lalu karena kanker ovarium dan kami sebagai keluarga diberi prognosis yang sangat buruk tentang keadaan ibuku.''

''Gemma adalah wanita tangguh yang telah berjuang keras dalam pertempuran ini, dengan keanggunan dan martabat,'' ungkap Kate Winslet pada MailOnline seperti yang dilansir dari laman thesun.

''Merupakan suatu kehormatan bagiku bisa masuk ke dalam hidupnya untuk waktu yang singkat dan mencoba membantu.''

''Hatiku hancur karena ibunya, Helen, dan putrinya, Penelope. Mereka kehilangan ibu dan anak perempuan yang luar biasa,'' imbuhnya.

Ibu Gemma, Helen Sproates, menuliskan kematian putrinya dalam sebuah tulisan di Facebook, ia mengatakan bahwa dunia tidak akan pernah sama lagi.

Postingan Facebook Helen, ibu Gemma. (thesun)
Postingan Facebook Helen, ibu Gemma. (thesun)

''Dengan hati yang sangat hancur aku harus mengatakan kepada kalian semua bahwa pejuang cantikku telah kalah dalam pertempurannya pagi ini,'' tulis Helen.

''Kami berjuang sangat keras tetapi kami tidak bisa melakukannya lagi, aku sangat bangga padanya tetapi sangat hancur sekarang. Selamat tidur Gemma, duniaku tidak akan pernah sama lagi.''

''Dia selalu mementingkan orang lain daripada dirinya sendiri. Dia adalah anak perempuan yang baik, sangat peduli, dan penuh perhatian. Dia sangat menyukai Penelope kecilnya yang istimewa dan dia adalah ibu yang fantastis. Penelope adalah alasannya untuk terus berjuang selama ini.''

''Sangat menyedihkan mengetahui Penelope sekarang harus tumbuh besar tanpa cinta ibunya,'' tutup Helen.

Pertama kali Gemma mengetahui bahwa dia mengidap kanker ovarium agresif adalah ketika hamil 16 minggu. Saat itu dokter menyarankan untuk menggugurkan kandungan sehingga Gemma bisa menjalani perawatan dan menyelamatkan jiwanya.

Gemma dan putrinya. (thesun)
Gemma dan putrinya. (thesun)

Tapi dia memilih menunda pengobatan sampai setelah kelahiran putrinya, Penelope. Barulah pengangkatan tumor ovarium bisa dilakukan.

Dia memulai kemoterapi yang sangat melelahkan sementara bayinya juga berjuang untuk hidupnya dalam perawatan intensif.

Setelah awalnya Gemma bisa mengalahkan penyakitnya, dia bekerja sebagai manajer pelatihan di Funtazia, Blackburn. Tapi sayangnya, setahun kemudian, kankernya kembali dan setelah serangkaian kemoterapi dan radioterapi dilakukan, dokter tidak bisa berusaha lebih jauh lagi untuk menyelamatkannya.

Ibu Gemma, Helen pernah membaca tentang imunoterapi, yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, yang tersedia di Hallwang Clinic di Jerman.

Wanita berusia 56 tahun itu lalu menjual rumahnya dan melakukan penggalangan dana untuk mendapatkan donasi lebih banyak untuk menutupi biaya terapi yang sangat besar.

Gemma terbang ke Jerman pada Mei lalu dan memulai perawatan sebanyak enam sesi, yang masing-masing sesi menghabiskan biaya hingga 70.000 poundsterling. Sayangnya, mereka hanya memiliki cukup dana untuk putaran pertama.

Pada bulan Juli, Helen menerima email dari manager Kate Winslet yang mengatakan bahwa Winslet ingin memberikan bantuan dan telah menghubungi rekannya dalam film Titanic, Leonardo Di Caprio untuk menggalang dana.

Leonardo Di Caprio dan Kate Winslet dalam acara penggalangan dana DiCaprio. (thesun)
Leonardo Di Caprio dan Kate Winslet dalam acara penggalangan dana DiCaprio. (thesun)

Pasangan ini melelang diri mereka sendiri selama tiga hari di acara penggalangan dana tahunan DiCaprio. Mereka berhasil mengumpulkan donasi sebanyak 1,35 juta dolar atau setara dengan 955.000 poundsterling, yang sekaligus juga dapat mereka berikan kepada badan amal lainnya.

Berita Terkait

Berita Terkini