Info

Empat Manfaat Buah Labu, Salah Satunya Tingkatkan Sistem Imun

Menurut sebuah penelitian, vitamin A dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan membantu melawan infeksi.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Buah labu. (pixabay)
Buah labu. (pixabay)

Himedik.com - Labu merupakan buah yang sangat populer ketika perayaan halloween tiba. Namun, di Indonesia buah labu biasanya dijadikan bahan kolak atau puding yang menyehatkan.

Selain rasanya yang enak dan manis, labu memiliki segudang nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Penasaran apa saja manfaat labu? Simak ulasan berikut.

1. Melindungi mata dari kerusakan

Salah satu nutrisi penting yang baik untuk menjaga kesehatan mata adalah vitamin A, dan ini terkandung dalam buah labu. Selain itu, labu juga mengandung lutein dan zeaxanthin, yaitu senyawa yang dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula karena usia dan katarak.

Sejumlah vitamin C dan E juga terdapat dalam labu, fungsinya sebagai antioksidan yang dapat mencegah serangan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel mata.

2. Mengurangi risiko penyakit kronis

Labu tinggi akan antioksidan, di antaranya alpha-karoten, beta-karoten, dan beta-cryptoxanthin. Hal ini tentunya berguna untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang dapat menimbulkan penyakit kronis tertentu.

Buah labu. (pixabay)
Buah labu. (pixabay)

3. Meningkatkan sistem imun

Labu mengandung vitamin A, dan menurut sebuah penelitian, vitamin A dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan membantu melawan infeksi. Selain itu, kandungan vitamin C dalam labu juga terbukti dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berperan dalam membantu kinerja sel-sel imun serta mempercepat penyembuhan luka.

4. Dapat membantu menurunkan berat badan

Meski labu kaya akan nutrisi, nyatanya buah ini rendah kalori, sehingga cocok untuk membantu menurunkan berat badan. Labu juga termasuk sumber serat yang baik yang dapat membantu menahan nafsu makan.

Tak disangka, kurang diperhatikan, ternyata buah berwarna oranye ini memiliki manfaat segudang. Jadi jangan ragu untuk konsumsi labu ya.

Berita Terkait

Berita Terkini