Info

Alami Preeklampsia Selama Hamil, 4 Artis Ini Berisiko Demensia

Menurut penelitian, mereka yang preeklampsia berisiko demensia.

Dinar Surya Oktarini | Yuliana Sere

Mariah Carey. (RAND Corporation)
Mariah Carey. (RAND Corporation)

Himedik.com - Wanita yang mengalami preeklampsia selama kehamilan lebih berisiko terkena demensia, sebuah studi menemukan. Ini disebabkan karena berkurangnya aliran darah ke otak.

Para peneliti percaya bahwa risiko demensia terjadi sebagai akibat dari tekanan darah tinggi yang tidak normal.

Preeklampsia adalah salah satu ancaman terbesar bagi wanita hamil dan bayi yang belum lahir, penyebab kematian maternal terbesar kedua di Inggris.

Hal ini disebabkan oleh berkurangnya aliran darah melalui plasenta, membatasi aliran oksigen dan nutrisi ke bayi yang dapat menghambat pertumbuhan.

Kim Kardashian merupakan salah satu artis yang mengalami kehamilan preeklampsia saat ia mengandung putri sulungnya.

Untuk mencegah komplikasi yang akan memengaruhi baik dirinya maupun anaknya yang belum lahir, Kim yang berusia 32 tahun itu diinduksi enam minggu lebih awal.

Kim Kardashian. (popsugar)
Kim Kardashian. (popsugar)

Selain Kim, Darcey Bussell yang merupakan seorang juri di kontes tari televisi BBC Strictly Come Dancing juga mengalami hal yang sama.

Para ilmuwan di Statens Serum Institut di Denmark menganalisis data lebih dari 1,1 juta wanita yang melahirkan setidaknya sekali antara tahun 1978 dan 2015.

Darcey Bussell. (Yours magazine)
Darcey Bussell. (Yours magazine)

Mereka menemukan wanita dengan riwayat preeklampsia memiliki risiko demensia vaskular tiga kali lebih tinggi di kemudian hari dibandingkan dengan wanita yang tidak memiliki riwayat preeklampsia.

Sebaliknya, riwayat preeklampsia sedikit terkait dengan risiko penyakit Alzheimer, yang disebabkan oleh penumpukan plak, protein abnormal di otak.

Selebriti lain yang juga mengalami preeklampsia adalah Beyoncé. Saat itu ia mengalami kondisi ini sebelum melahirkan anak kembar Rumi dan Sir Carter pada 13 Juni tahun lalu.

''Badan saya bengkak karena toxemia (preeklampsia) dan sudah beristirahat di tempat tidur lebih dari satu bulan.

Beyoncé. (Vulture)
Beyoncé. (Vulture)

Kesehatan saya dan bayi saya berada dalam bahaya, jadi saya menjalani operasi caesar darurat,'' ungkap kekasih Jay Z ini.

Mariah Carey. (RAND Corporation)
Mariah Carey. (RAND Corporation)

Tidak hanya ketiga artis di atas, Mariah Carey juga menderita hal yang sama ketika melahirkan bayi kembarnya, Monroe dan Maroko, melalui operasi caesar pada 38 minggu pada 30 April 2011.

''Saya rasa saya tidak memahami besarnya kehamilan saya yang sesungguhnya,'' ungkap Carey yang telah bercerai dari ayah si kembar Nick Cannon pada tahun 2016.

Berita Terkait

Berita Terkini