Info

Bermain Game Bisa Menurunkan Berat Badan, Benarkah?

Menghabiskan waktu untuk menyelesaikan permainan yang susah seperti kuis atau teka teki ternyata dapat membakar jumlah kilojoule kalori.

Rauhanda Riyantama

Permainan Sudoku. (pixabay)
Permainan Sudoku. (pixabay)

Himedik.com - Memainkan sebuah permainan atau game pasti menjadi momen yang menggembirakan. Namun, dalam sebuah penelitian terbaru bermain game justru membuat seseorang menjadi cepat kurus.

Ya, salah satunya bermain Sudoku. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa menghabiskan waktu untuk menyelesaikan permainan yang susah seperti kuis atau teka teki ternyata dapat membakar jumlah kilojoule kalori. 

Sudoku sendiri adalah singkatan bahasa Jepang dari 'suuji wa dokushin ni kagiru' atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia menjadi 'angka-angkanya harus tetap tunggal'. 

Penelitian menakjubkan ini dilakukan oleh tim Forrester. Tim ini menjelaskan bahwa otak terbentuk dari jutaan sel syaraf yang disebut dengan neuron.

Sel syaraf atau neuron ini yang bertugas mengantar pesan ke seluruh bagian tubuh. Neuron biasanya akan memproduksi kimia yang disebut sebagai neurotransmiter yang betugas untuk memancarkan sinyal-sinyal ke seluruh tubuh.

Menurut hasil penelitian ini, mengerjakan kuis atau teka teki dapat membakar 90 kilojoule kalori setiap jamnya. Jumlah kalori ini akan lebih banyak daripada yang bisa ditemukan di kue coklat pada umumnya yang mengandung 56 kilojoule kalori.

Namun, hasil penelitian ini ternyata mendapat banyak perdebatan dari para peneliti lainnya. Beberapa bahkan meragukan hasil penelitian yang dilakukan oleh tim Forrester ini.

Hal ini karena kerja otak biasanya akan lebih berat saat memainkan permainan seperti ini. Kerja otak yang berat ini memaksa otak untuk berpikir solutif sehingga akan membutuhkan lebih banyak glukosa dan kalori yang bisa saja dapat menambah berat badan.

Neuron dalam tubuh akan mengeluarkan tiga perempat glukosa gula, kilojoule kalori, dan seperlima oksigen dari darah untuk menciptakan neurotransmiter.

Sementara itu, seorang ahli medis asal Australia membenarkan penjelasan tim Forrester. Menurutnya penjelasan tersebut sangat masuk akal, namun menyelesaikan kuis atau teka teki saja tidak dapat membantu mengurangi berat badan.

Yang perlu dilakukan adalah diet dan mengontrol pola makan agar dapat memengaruhi pembentukan badan ideal.

Jadi, hasil penelitian mengenai permainan Sudoku yang dapat membuat seseorang cepat kurus ini masih perlu penelitian mendalam.

Artikel terkait dimuat Hitekno.com dengan judul: Bermain Sudoku Bisa Cepat Kurus, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Berita Terkait

Berita Terkini