Info

Terlihat Menawan, Berikut 5 Deretan Tanaman yang Ancam Kesehatan

Di balik indahnya bunga tumbuhan ini, ada racun yang mengerikan.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Azalea. (pixabay)
Azalea. (pixabay)

Himedik.com - Siapa pun pasti akan tertarik jika melihat tanaman yang cantik dan menawan. Sayangnya terkadang itu cuma tipuan, tak semua tanaman aman bagi kesehatan. Berikut 5 deretan tanaman cantik yang bisa ancam kesehatan.

1. Foxglove

Meski beracun, banyak warga Amerika Serikat yang menaman tanaman satu ini karena penampilannya. Walaupun tak dirawat, foxglove dapat tumbuh subur di alam liar. Bunga-bunganya berbentuk lonceng berwarna ungu cerah, putih, kuning, atau merah muda.

Foxglove juga memiliki buah dengan banyak biji. Hati-hati, jangan sampai anak atau hewan peliharaan memakannya. Pasalnya semua bagian bunga beracun yang efeknya dapat memperlambat atau mengganggu fungsi hati.

Foxglove. (pixabay)
Foxglove. (pixabay)

 

2. Kecubung pendek

Memiliki aroma yang kuat dan batang tebal, kecubung pendek bisa tumbuh mencapai 4 kaki, dengan panjang daun hingga 3 inch. Bunganya terlihat cantik, berwarna putih berbentuk terompet.

Tapi hati-hati, bunga, daun, biji, bahkan sari bunga (nektar) tanaman ini bisa membuat seseorang merasa mual, dehidrasi, demam, denyut nadi melemah, meningkatkan detak jantung, hingga mengalami halusinasi.

Kecubung pendek. (pixabay)
Kecubung pendek. (pixabay)

 

3. Oleander

Semak tinggi ini memiliki daun yang panjang dengan tekstur kasar. Bunga tumbuh di ujung cabang dengan warna yang bervariasi dari merah, merah muda, hingga putih.

Jangan terlena dengan keindahannya, karena semua bagian tanaman sangat beracun. Keracunan tanaman ini akan mengakibatkan sakit perut yang parah, diare, muntah, pupil membesar, pusing, dan masalah pernapasan.

Oleander. (pixabay)
Oleander. (pixabay)

 

4. Bitter Nightshade

Tanaman dengan nama ilmiah Solanum dulcamara memiliki batang yang tumbuh sepanjang tahun dan ketinggiannya mencapai 6 kaki. Bunganya berwarna ungu yang mekar sekitar bulan Juli atau Agustus.

Tanaman ini memiliki buah seperti beri, berwarna merah, berkilau, berair tapi mengandung racun solanin. Racun tersebut dapat menyebabkan sakit kepala, mengantuk, sakit perut, muntah, gemetar, suhu tubuh menurun, pupil membesar, dan diare.

5. Azalea dan Rhododendron

Konsumsi daun, nektar, dan bunga dari semak-semak ini dalam jumlah banyak dapat membuat seseorang keracunan. Efek keracunan yang tumbul adalah iritasi mulut, mual, dan muntah.

Jika tak sengaja kamu menelan tanaman di atas dan mengalami gejala keracunan, segeralah minum susu, air, atau air kelapa sebagai upaya pertolongan pertama keracunan dan atau basuh dengan air jika mengalami kontak fisik. Serta segera pergi ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Berita Terkait

Berita Terkini