Info

Tiga Obat Alami untuk Redakan Asam Lambung, Semuanya Enak

Obat alami asam lambung ini terasa enak dan menggugah selera.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi susu rendah lemak. (pixabay/couleur)
Ilustrasi susu rendah lemak. (pixabay/couleur)

Himedik.com - Pada dasarnya asam lambung bertugas untuk mencerna makanan yang masuk. Tetapi terkadang jumlahnya menjadi berlebihan dan dapat membuat sistem pencernaan terganggu.

Hal itu membuat katup antara kerongkongan dan lambung tidak berfungsi dengan baik sehingga asam lambung dapat naik ke kerongkongan dan menyebabkan GERD. GERD atau gastroesophageal reflux disease menimbulkan gejala nyeri ulu hati atau sakit dada, mulut terasa pahit/asam, sulit menelan, dan perut terasa tidak nyaman.

Nah, tak perlu panik jika asam lambung naik, pasalnya beberapa obat alami ini bisa membantu meredakannya.

1. Teh herbal

Teh herbal dapat membantu meredakan rasa mual akibat asam lambung. Tak hanya itu teh herbal juga dapat membantu memperlancar sistem pencernaan.

Teh chamomile. (pixabay/congerdesign)
Teh chamomile. (pixabay/congerdesign)

Tapi jangan salah pilih, teh herbal yang boleh dikonsumsi penderita asam lambung haruslah bebas kafein. Seperti teh akar manis dan chamomile.

2. Smoothie

Tak hanya enak, nyatanya smoothie juga aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung lho. Tapi ingat, ketika membeli atau membuat sendiri smoothie, pilih buah yang tidak mengandung banyak asam, seperti semangka atau pir.

Ilustrasi smoothie. (pixabay/congerdesign)
Ilustrasi smoothie. (pixabay/congerdesign)

3. Susu

Kalau asam lambung naik, kamu bisa minum susu rendah lemak/susu skim untuk meredakannya. Hal ini karena susu skim mudah dicerna sehingga tidak mengganggu fungsi katup kerongkongan. Selain itu, kamu juga bisa minum susu nabati seperti susu almond yang mengandung sifat basa sehingga dapat membantu menetralkan cairan asam lambung.

Nah, dari ketiga obat alami asam lambung di atas, mana nih yang akan kamu pilih kalau tiba-tiba kambuh?

Berita Terkait

Berita Terkini