Info

Informatif, Cuitan Viral Ini Berikan Tips Hindari Sambaran Petir

Hindari berlindung di bawah pohon.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Tips hindari sambaran petir.
Tips hindari sambaran petir.

Himedik.com - Mendekati musim penghujan, segala perlengkapan musim hujan seperti payung, mantel, dan lain sebagainya harus selalu dibawa jika tak ingin basah kuyup kehujanan. Tapi selain air hujan, sambaran petir juga perlu dikhawatirkan.

Pasalnya tak hanya menyambar benda-benda mati, petir juga bisa menyambar makhluk hidup termasuk pohon dan manusia. Nah, kalau sedang hujan dan ada petir sebaiknya kamu hindari dulu beraktivitas di luar ruangan, kecuali mendesak.

Hal ini untuk menghindari bahaya sambaran petir yang dimaksudkan, karena menurut National Weather Service, tempat berlindung paling aman ketika ada kilatan petir adalah berada di dalam ruangan. Dr. Cooper selaku peneliti di African Center for Lightning and Electromagnetics, mengatakan bahwa ketika seseorang terkena sambaran petir, maka kinerja otak, jantung, hingga sarafnya akan terganggu.

Tak hanya itu, sambaran petir juga dapat menyebabkan kematian jika terjadi korsleting di jantung. Bahkan jika mengalami cacat, hal itu akan berlangsung seumur hidup dan tidak bisa diobati.

Nah, kalau sedang hujan tapi ada keperluan mendesak di luar rumah, atau ketika di jalan tiba-tiba turun hujan, beberapa tips yang dikutip dari akun twitter @syamabt ini bisa kamu lakukan.

Tips hindari sambaran petir.
Tips hindari sambaran petir.

 

Tips hindari sambaran petir. (twitter/syamabt)
Tips hindari sambaran petir. (twitter/syamabt)

Mungkin kamu akan bertanya-tanya mengapa dalam gambar disarankan untuk berteduh di teras bangunan atau masuk mobil, tetapi tidak boleh berteduh di bawah pohon. Hal ini karena lapisan tanah akan menjadi sasaran petir untuk melepaskan energi.

Mengenai pohon, umumnya petir juga bisa menyambar pohon dan ketika ini terjadi energi petir akan tersalur ke tubuh orang yang berada di bawahnya.

Sedangkan jika sedang berada di tanah lapang bersama teman dan tidak ada tempat berteduh, hal yang bisa dilakukan adalah menjaga jarak minimal empat meter supaya tidak terjadi penyaluran energi.

Berita Terkait

Berita Terkini