Info

Awkarin Imbau Agar Masyarakat Lebih Aware Tentang Mentall Illness

Awkarin mengaku pernah mengalami depresi dan dia mengimbau masyarakat Indonesia untuk lebih aware mengenai mentall illness.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Awkarin. (Instagram/@awkarin)
Awkarin. (Instagram/@awkarin)

Himedik.com - Dulunya kerap berpenampilan seksi, selebgram satu ini kini tampil lebih classy dan seiring berjalannya waktu kepribadian Awkarin menjadi lebih baik. Bahkan beberapa waktu lalu, ia menjadi salah satu relawan kemanusiaan yang turut berangkat ke Palu untuk menolong para korban gempa di sana.

Setelah kepulangannya dari Palu, pemilik nama lengkap Karin Novilda ini mengunggah sebuah video dirinya berbicara di depan kamera. Ia menceritakan bagaimana perjalanan hidupnya, dari kecil hingga sekarang ini.

Terkuak fakta mengejutkan bahwa ternyata Karin pernah mengalami depresi selama dua tahun lamanya. Malangnya, ia tidak bisa menceritakan hal itu pada siapa pun karena takut dianggap gila.

''Aku pernah mengalami depresi selama dua tahun. Aku ngga pernah cerita tentang hal ini ke orang, termasuk orangtua. Aku takut orangtua anggap aku gila.'' tutur Karin.

''Ngga ada yang tahu tentang depresi yang aku alami, ke orangtua aja ngga berani cerita, apalagi teman.''

Dalam tayangan video tersebut ia berkata bahwa apa yang terjadi padanya harusnya tidak selama itu. ''Aku ngalami depresi itu sendiri selama dua tahun. Harusnya sih bisa lebih cepat, kalau saat itu aku tau apa itu depresi,'' ungkap Karin

Dia juga mengatakan bahwa kebanyakan orang Indonesia kurang aware dengan mentall illness. ''Kebanyakan di Indonesia kurang aware dengan mentall illness, jadi mungkin ada dari kalian yang ngga tahu kalau sebenarnya kalian menderita mentall illness,'' tutur Karin.

''Kalian ngga akan pernah tahu kalau kalian ngga sharing, kalian ngga konsultasi karena kalian ngga aware.''

Apa yang diungkapkan Karin tersebut memang benar. Seseorang yang mengalami depresi atau gejalanya, seharusnya segera konsultasi ke psikolog atau psikiater.

Pasalnya, depresi yang semakin parah akan membuat penderita berpikir untuk mengakhiri hidupnya dan sudah banyak contoh kasus artis bunuh diri karena hal ini. Tentu saja ini tidak bisa disepelekan dan harus menjadi perhatian bahwa kesehatan mental juga harus dijaga.

Berita Terkait

Berita Terkini