Info

Hari Dokter Nasional: Berikut Tiga Dokter yang Juga Publik Figur

Beberapa dokter di Indonesia tercatat tak hanya aktif untuk menangani pasien, tetapi juga berkarier di dunia hiburan atau aktif di acara kesehatan.

Rauhanda Riyantama

Selamat Hari Dokter Nasional. (promkes.kemkes.go.id)
Selamat Hari Dokter Nasional. (promkes.kemkes.go.id)

Himedik.com - Hari Dokter Nasional yang jatuh setiap tanggal 24 Oktober juga diperingati sebagai ulang tahun organisasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Tepat tahun ini, berarti sudah 67 kali momentum 'harinya para dokter' dirayakan di Tanah Air.

Seiring perkembangan zaman, beberapa dokter di Indonesia tercatat tak hanya aktif untuk menangani pasien, tetapi juga berkarier di dunia hiburan atau aktif di acara kesehatan tanpa meninggalkan pekerjaan utamanya sebagai seorang dokter.

Dirangkum Himedik dari berbagai sumber, berikut beberapa dokter yang juga berkarier di bidang lain.

1. Tompi

Tompi. (Instagram/dr_tompi)
Tompi. (Instagram/dr_tompi)

Pemilik nama asli Teuku Adifitrian ini selain aktif sebagai dokter bedah plastik, juga dikenal sebagai penyanyi dan fotografer. Hobi menyanyi sudah ia kembangkan sejak masa kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Kariernya di dunia tarik suara sudah tak diragukan lagi. Berbagai karya hebat telah ia lahirkan, salah satunya dengan membentuk Trio Lestari bersama Glenn Fredly dan Sandhy Sandoro.

2. Nycta Gina

Nycta Gina bersama suami dan kedua buah hatinya. (Instagram/missnyctagina)
Nycta Gina bersama suami dan kedua buah hatinya. (Instagram/missnyctagina)

Rizna Nyctagina atau biasa disebut Nycta Gina lebih dulu mengawali kariernya sebagai model di majalah remaja. Kemudian, ia mulai terjun di dunia akting dan dikenal dengan nama panggung Jeng Kelin.

Wanita lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti pada 2011 itu, kini juga aktif sebagai presenter dan penyiar radio bersama Desta di Radio Prambors FM.

3. Reisa Broto Asmoro

Reisa Broto Asmoro bersama suami dan kedua anaknya. (Instagram/reisabrotoasmoro
Reisa Broto Asmoro bersama suami dan kedua anaknya. (Instagram/reisabrotoasmoro

Reisa Broto Asmoro adalah seorang dokter menempuh pendidikan kedokterannya di Universitas Pelita Harapan dan Universitas Indonesia. Setelah lulus, ia bekerja di RS Polri Raden Said Soekanto Kramat Jati dan banyak berkecimpung di dunia forensik. Bahkan ia pernah menjadi salah satu anggota DVI (Dissaster Victim Identification).

Di luar kariernya sebagai dokter, ia lebih dulu memulai karier di dunia hiburan sejak masih di bangku SMA. Pernah mengikuti ajang pemilihan gadis sampul, masuk menjadi salah satu model di Look Models Agency, serta membintangi beberapa iklan di Indonesia dan Asia.

Tahun 2010 ia mengikuti kontes Puteri Indonesia, perwakilan dari provinsi D.I Yogyakarta. Dalam kontes nasional tersebut, ia meraih posisi juara kedua, yang memberikannya gelar Puteri Indonesia Lingkungan 2010. Kemudian ia mewakili Indonesia dalam kontes Miss International 2011 yang berlangsung di kota Chengdu, Tiongkok. 

Saat ini, Reisa menjadi pembawa acara kesehatan terkemuka yaitu Dr. OZ Indonesia. Di antara kesibukannya, dokter cantik ini masih terus berpraktik di Klinik Kecantikan JMB dibilangan Jakarta Selatan. Reisa juga kini aktif diberbagai kegiatan sosial, serta menjadi pembicara dalam seminar-seminar kesehatan nasional.

 

Berita Terkait

Berita Terkini