Info

Tak Merokok Tapi Bibir Hitam, Ketahui Penyebabnya

Dalam beberapa kasus, orang yang tidak merokok pun bisa mengalami bibir hitam.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi bibir hitam. (Pixabay)
Ilustrasi bibir hitam. (Pixabay)

Himedik.com - Bibir hitam kerap kali diidentikkan dengan merokok. Namun dalam beberapa kasus, orang yang tidak merokok pun bisa mengalami kondisi serupa.

Setelah diselidiki, ternyata bibir berubah menjadi hitam disebabkan oleh beberapa faktor. Terutama karena gaya hidup yang buruk.

Dirangkum Himedik dari berbagai sumber, berikut penyebab umum bibir hitam selain karena merokok.

1. Mengonsumsi kafein berlebih

Meski bukan perokok, kamu mungkin pecinta kopi. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab bibir hitam yang mungkin dialami, dan biasanya kebiasaan ini tidaklah disadari.

Bisa saja ketika lembur kerja kamu menghabiskan bergelas-gelas kopi. Kafein yang terdapat dalam kopi yang kamu minum, sebenarnya merupakan zat diuretik yang dapat membuat kamu sering buang air kecil. 

Terlalu banyak zat diuretik di dalam tubuh akan mengakibatkan kamu mengalami dehidrasi, karena cairan terus keluar melalui urin. Sedangkan dehidrasi bisa membuat bibir kamu pecah-pecah, tidak sehat, dan warnanya berubah menjadi lebih gelap.

2. Bibir kering

Bibir kering. (pixabay)
Bibir kering. (pixabay)

Sebagai pria, bibir kering sudah menjadi biasa. Karena memang pria jarang menggunakan pelembab untuk melindungi area mulut ini. Namun tanpa sadar, hal ini dapat menyebabkan bibir hitam. 

Kulit bibir yang selalu terbuka, membuat kelembapannya mudah sekali hilang, apalagi jika di cuaca panas. Bibir yang kering dapat menyebabkan bibir tersebut mengalami pecah-pecah dan berpeluang untuk menggelap secara perlahan.

3. Minum alkohol

Mengapa minum minuman beralkohol dapat menyebabkan bibir hitam? Alasannya, alkohol mengandung asam yang dapat membuat bibir hitam. Tidak hanya itu, terlalu banyak minum alkohol bisa mengakibatkan dehidrasi, meskipun alkohol adalah cairan.

Sementara, salah satu dampak dehirasi adalah membuat bibir pecah-pecah dan kemudian mengubah warna bibir menjadi lebih hitam.

4. Sering terpapar sinar matahari

Penyabab lain yang membuat bibir hitam adalah seringnya kamu berada di luar ruangan atau sering terpapar sinar matahari. Paparan sinar matahari ini akan membentuk melanin yang berlebih (hiperpigmentasi) sehingga memengaruhi warna kulit, termasuk bibir.

Bagian wajah adalah bagian yang paling berpeluang untuk mengalami hiperpigmentasi karena sering terkena sinar matahari langsung.

5. Anemia

Salah satu penyabab bibir hitam adalah anemia. Kondisi ini disebabkan karena kamu kekurangan hemoglobin atau zat yang membawa oksigen dan zat gizi di dalam darah.

Zat tersebut yang memberikan warna merah pada darah, sehingga perubahan warna kulit di beberapa bagian, salah satunya adalah bibir menghitam.

Itulah beberapa penyebab bibir hitam. Semoga bermanfaat!

Berita Terkait

Berita Terkini