Info

Tiga Seleb yang Mengidap Penyakit Multiple Sclerosis

Mutiple sclerosis (MS) merupakan penyakit yang menyerang sel-sel saraf pusat.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi sakit. (pixabay/stevepb)
Ilustrasi sakit. (pixabay/stevepb)

Himedik.com - Multiple sclerosis (MS) merupakan penyakit yang menyerang sel-sel saraf pusat terutama di bagian sumsum tulang belakang, saraf mata, dan otak. Gejalanya beragam, mulai dari gangguan penglihatan, kelelahan kronis, dan vertigo.

Tapi menurut sebuah penelitian, diagnosis multiple sclerosis membutuhkan waktu 7 tahun lamanya. Berikut deretan artis yang mengidap MS.

1. Jamie-Lynn Sigler

Aktris Jamie-Lynn Sigler, terkenal karena perannya sebagai putri mafia Tony Soprano di drama HBO. Pada Januari 2016, dia mengungkapkan pada majalah People bahwa di usia 20 tahun ia didiagnosis multiple sclerosis. Sigler mengatakan, sejak awal dia menceritakan penyakitnya kepada teman kepercayaannya, tetapi tidak siap mengatakannya pada media.

Alasan Sigler akhirnya berani menceritakan rahasianya adalah karena putranya yang masih berusia dua tahun dan suaminya. Ia tidak mau anak dan suaminya menyimpan rahasia itu untuknya.

Dari gejalanya, Sigler mengatakan kepada People, bahwa ia tidak bisa berjalan untuk waktu yang lama jika tidak istirahat. Ia juga tidak bisa berlari dan gejalanya semakin memburuk dalam beberapa dekade terakhir. Usahanya membuahkan hasil, setelah banyak melakukan pengobatan, ia menemukan obat MS yang membuat kondisi tubuhnya stabil.

2. Selma Blair

Oktober 2018, aktris Selma Blair mengatakan bahwa Agustus lalu ia telah didiagnosis mengidap penyakit multiple sclerosis (MS). Blair mengungkapkan bahwa ia merasakan gejala selama bertahun-tahun tetapi tidak pernah dianggap serius. Tapi akhirnya kini ia tahu, dan ia merasa lega.

3. Walter Williams

Penyanyi Walter Williams (74), pertama kali mengalami gejala multiple sclerosis (MS) saat menjalani tur dengan band pada tahun 1983. Ia mengungkapkan gejalanya seperti mati rasa di jempol kaki dan kemudian menyebar ke area kaki. Dari situ ia tahu bahwa kesehatannya mengalami masalah.

Dalam waktu dua bulan, Williams didiagnosis mengidap MS, tetapi ia merahasiakannya selama hampir tiga dekade.
Williams beralih ke olahraga dan makan dengan benar untuk memperkuat tubuhnya dan melawan MS. Selain itu, ia mandi dengan air dingin dan mengompres kepalanya dengan es karena tidak tahan dengan panas akibat penyakitnya itu. Tapi kondisinya berangsur membaik setelah ia mengonsumsi obat Avonex.

Itulah tiga artis yang mengidap penyakit MS. Semoga kita semua dijauhkan dari penyakit itu maupun penyakit lainnya ya.

Berita Terkait

Berita Terkini