Info

Penyakit Lyme, Kondisi yang Dialami Penyanyi Avril Lavigne

Ketahui apa itu penyakit Lyme, gejala, pengobatan serta pencegahannya

Dinar Surya Oktarini | Yuliana Sere

Penyakit Lyme, Kondisi yang Dialami Penyanyi Avril Lavigne. (Sky News)
Penyakit Lyme, Kondisi yang Dialami Penyanyi Avril Lavigne. (Sky News)

Himedik.com - Penyanyi Avril Lavigne (34) berjuang melawan penyakit Lyme yang telah dideritanya selama dua tahun. Avril didiagnosis pada tahun 2014 dan mengatakan penyakit ini membuatnya terbaring di tempat tidur selama dua tahun.

Hal ini ia ungkapkan dalam sebuah wawancara dengan Billboard. Ia menuturkan segera setelah didiagnosis, ia melakukan pengobatan antibiotik dan antimalaria - pengobatan yang cukup umum untuk penyakit Lyme.

Sementara itu, Avril membangun sebuah yayasan bernama Avril Lavigne Foundation dengan tujuan untuk memberitahukan orang-orang tentang penyakit yang ia derita.

Dilansir dari healthline, HiMedik menemukan sejumlah info terkait penyakit Lyme.

Penyakit Lyme adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Borrelia burgdorferi sensu lato. B. burgdorferi ditularkan ke manusia melalui gigitan dari kutu berkaki hitam.

Kutu menjadi terinfeksi setelah makan rusa atau tikus yang terinfeksi. Orang yang tinggal atau menghabiskan waktu di daerah hutan lebih mungkin terkena penyakit ini.

Mereka dengan hewan peliharaan yang dibiarkan di daerah hutan juga memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit Lyme.

Gejala penyakit Lyme

Tahap 1

Adanya ruam yang merupakan tanda bahwa bakteri berkembang biak dalam aliran darah. Mungkin terasa hangat jika disentuh, tetapi tidak menyakitkan dan tidak gatal. Ruam ini akan hilang setelah empat minggu.

Tahap 2

Selama tahap ini bakteri mulai menyebar ke seluruh tubuh. Ini ditandai dengan gejala mirip flu, seperti panas dingin, demam
pembesaran kelenjar getah bening, sakit tenggorokan, penglihatan kabur, kelelahan, nyeri otot dan sakit kepala.

Tahap 3

sakit kepala parah, radang sendi, gangguan irama jantung, gangguan otak (encephalopathy) yang melibatkan memori, suasana hati, dan tidur, kehilangan ingatan jangka pendek, kesulitan berkonsentrasi, kebimbangan mental, mati rasa di lengan, kaki, tangan, atau kaki.

Penyakit Lyme paling baik diobati pada tahap awal. Perawatan dini adalah pemberian antibiotik oral selama 14 hingga 21 hari untuk menghilangkan semua infeksi.

Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati penyakit Lyme termasuk:

1. Doxycycline untuk orang dewasa dan anak-anak yang lebih tua dari 8 tahun

2. Cefuroxime dan amoxicillin untuk orang dewasa, anak kecil, dan wanita menyusui

Untuk menghindari penyakit Lyme, kamu bisa menggunakan celana dan kaos panjang saat di luar ruangan, bersihkan semak-semak di sekitar rumah, serta gunakan obat nyamuk.

Berita Terkait

Berita Terkini