Info

Jangan Abaikan Kondisi Kaki Bengkak, Mungkin Ini yang Kamu Alami

Kaki bengkak bisa jadi tanda kondisi medis ini.

Angga Roni Priambodo | Yuliana Sere

Kaki bengkak. (unsplash)
Kaki bengkak. (unsplash)

Himedik.com - Masalah kaki bengkak sering dialami sebagian orang. Kadang kondisi ini bisa datang tanpa muncul gejala apa pun. Beberapa penyebab yang sering terjadi adalah kelebihan berat badan.

Namun, ada juga pemicu lain kondisi kaki bengkak adalah karena malas gerak atau memiliki kondisi medis tertentu. Beberapa kondisi kaki bengkak juga bisa menjadi beberapa tanda masalah kesehatan di bawah ini.

1. Pembekuan darah

Kaki bengkak bisa menjadi tanda kamu mengalami pembekuan darah. Ini khusus terjadi jika kamu mengalami pembengkakan pada satu kaki. Kaki bengkak karena pembekuan darah terjadi karena darah menghalangi vena.

Biasanya darah yang beku disertai juga dengan demam ringan, rasa sakit di area yang bengkak serta adanya warna kulit yang berubah.

2. Kesalahan dalam olahraga

Olahraga yang salah bisa berakibat pembengkakan pada kaki. Biasanya ini terjadi pada pergelangan kaki.

Radang pada otot akan menyebabkan rasa sakit sehingga sangat disarankan untuk memberi kompres es.

3. Lemahnya pembuluh darah

Pada mereka yang sudah berumur, ini terjadi karena pembuluh darah lemah, sedangkan bagi mereka yang masih muda ini terjadi karena beberapa sebab antara lain, salah posisi tidur dan duduk serta terlalu lama berdiri.

4. Alergi obat

Beberapa obat bisa menyebabkan reaksi tertentu. Satu efek samping yangs sering ditemui adalah kaki bengkak. Jika kamu mengalami ini segera temui dokter.

5. Kurang istirahat

Kamu yang kurang istirahat apalagi yang punya riwayat kaki bengkak bisa saja mengalami ini. Ini juga bisa menjadi pertanda kamu menjalani diet yang salah.

Beberapa kondisi di atas dapat menjadi tanda kesehatan yang perlu diperhatikan jika kamu mengalami kaki bengkak.

Berita Terkait

Berita Terkini