Info

Lepas Gadget Selama Satu Minggu dan Ini yang Akan Kamu Alami

Berani coba?

Angga Roni Priambodo | Yuliana Sere

Baca buku. (unsplash)
Baca buku. (unsplash)

Himedik.com - Kisah seorang wanita ini mungkin bisa menjadi bahan pembelajaran buat kita, khususnya kamu yang sangat bergantung pada gadget atau dengan kata lain 'tidak dapat hidup tanpa gadget'.

Lihat apa yang ia alami ketika tidak memegang gadget selama satu minggu.

''Saya sudah memiliki ponsel sejak saya berusia 11 tahun. Sebenarnya ini ditujukan agar saya bisa menghubungi keluarga saya dalam keadaan darurat.

Hampir setiap hari saya tidak bisa lepas dari gadget. Bahkan dalam hitungan detik saya bisa merespon setiap tanggapan yang diberikan di sosial media.

Saya rasa ini sangat berkontribusi pada kesehatan mental, penyakit kronis dan sistem kekebalan tubuh.

Jadi inilah yang saya lakukan. Pertama, saya memindahkan aplikasi seperti instagram ke folder baru di ponsel dan menempatkan aplikasi baru di tempat yang seharusnya.

Kedua, hapus aplikasi media sosial untuk sementara. Ketiga, tidak menggunakan teknologi selama satu minggu.

Hasilnya saya mendapatkan beberapa efek positifnya:

1. Tidak mudah di awal

Harus saya akui bahwa ini sangat sulit ketika di awal. Saya harus mengingat arah jalan (tanpa GPS), tidak menerima panggilan, tidak ada email dan juga tidak ada Spotify. Setelah saya melalui itu, saya merasa ada sesuatu yang berbeda dalam diri saya. Saya mencintai ketidaknyamanan itu.

Baca buku. (unsplash)
Baca buku. (unsplash)

2. Saya bisa lebih meredakan stres yang saya alami

Tanpa adanya gadget, saya lebih bisa menikmati pantai, memasak, membaca buku berjam-jam dan lebih banyak waktu bersama keluarga dan teman-teman.

Ini bukan mengatakan bahwa gadget itu tidak baik, hanya saja keseimbangannya yang buruk, dan saya sangat senang mengembalikan keseimbangan itu.

3. Mengembalikan hubungan dengan orang terdekat

Pikirkan tentang hubunganmu dengan orang yang kamu cintai, sahabat, saudara dan orangtua. Jika kamu benar-benar menghabiskan setiap detik untuk berkomunikasi, maka kamu akan merasa sebuah perasaan yang jarang atau bahkan belum pernah kamu rasakan.

4. Saya akan melakukannya lagi

Teknologi dapat benar-benar bisa digunakan untuk kebaikan namun ketika digunakan sebagai penopang, maka itu dapat melemahkan kita.

Saya sangat bersyukur saya bisa mengevaluasi diri saya sendiri dengan ketergantungan pada teknologi.

Mungkin sudah saatnya bagi kamu untuk mencoba teknik tanpa gadget seminggu.

Berita Terkait

Berita Terkini